Pemberlakukan Kartu Tani Mulai April Mendatang

0
60
Tunjukkan Kartu Tani
Tunjukkan Kartu Tani

PATI, netizenia.com- Program Kartu Tani yang dicanangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan diberlakukan mulai April 2017. Dengan pemberlakuan ini, para petani yang tidak terdaftar di database Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI) dipastikan tidak bisa lagi membeli pupuk bersubsidi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muhtar Efendi mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Gubernur Jateng, Kartu Tani akan resmi berlaku mulai 1 April 2017. Pemilihan waktu ini dikarenakan sampai saat ini, pendistribusian kartu yang bekerjasama dengan Bank BRI tersebut belum selesai.

“Selain faktor distribusi, sampai saat ini masih ada pemutakhiran data di SIMPI tersebut,” terang Muhtar ketika ditemui di kantornya, kemarin.

Ia melanjutkan, dengan berlakunya program tersebut, para petani non Kartu Tani yang tadinya masih bisa membeli pupuk bersubsidi sampai 31 Maret 2017 dipastikan tidak bisa membeli lagi pupuk yang harganya jauh lebih murah dari pupuk di pasaran itu.

“Sebelumnya, pemerintah pusat membeli kelonggaran para petani yang belum terdaftar di program tersebut, masih bisa membeli pupuk itu, sampai Maret dengan membawa Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) kelompok tani masing-masing,” ucapnya.

Terkait distribusi, pihaknya memang tidak bisa memastikan selesainya pembagian kartu tersebut. Pasalnya, yang berwenang menyalurkan kartu tersebut adalah bank rekanan. Namun, pihaknya selalu berkoordinasi untuk memantau perkembangannya.

Salah satu petani Kunarso menyambut baik rencana pemberlakuan Kartu Tani tersebut. Pasalnya, dengan kartu tersebut, para petani sudah punya alokasi pupuk yang ditentukan oleh pemerintah. Jadi, mereka tidak perlu lagi khawatir, jika pupuk yang dibutuhkan kurang.

“Semoga dengan pemberlakuan kartu tersebut, tidak ada lagi masalah kelangkaan pupuk di Pati,” pungkas petani asal Desa Sugiharjo, Kecamatan Pati tersebut. [Ntz]

Baca:  Sulap Sampah Jadi Pupuk Organik
Sedang memuat...