Melihat Jawa dari Pulau Mandalika

0
63
Pulau Mandalika
Pulau Mandalika

Menikmati hari libur, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengunjungi pulau Mandalika atau yang juga dikenal Pulau Mondoliko. Pulau ini masih merupakan bagian dari Laut Jawa, tepatnya di sebelah utara pantai utara Jawa Tengah, atau di kawasan Kabupaten Jepara.  Lebih tepatnya, Pulau Mandalika persis berada di sebelah utara desa Ujung Watu.

Eksotisme alam yang ditawarkan di Pulau Mandalika ini sangat memukau. Selain Anda bisa menikmati keindahan bawah laut, di Pulau Mandalika ini Anda juga akan dimanjakan dengan hamparan biru laut nan sendu. Dijamin, ketika Anda sudah berada di Pulau tersebut, pasti akan ketagihan dan berharapan bisa mengunjunginya lagi.

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Di pulau ini berdiri sebuah mercusuar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.

Akan tetapi, Anda juga bisa melihat Pulau Mandalika ini dari arah kejauhan. Hanya saja, untuk menikmatinya, kami sarankan untuk mengunjungi lokasi saja. Selain lebih menarik, panorama alam yang ditawarkan juga sangat memukau. Bahkan banyak wisatawan asing yang sering ke pulau Mandalika tersebut.

Di Pulau Mandalika ini juga terdapat mercusuar yang nampak indah dipandang dari bawah. Kalau sampai Anda bisa menaiki mercusuar tersebut, pastinya Anda bisa menikmati lepas lautan di Pulau Jawa.

Di Sana juga terdapat tanaman yang khas di Mandalika yang bernama Nongko Celeng. Pohon ini mengeluarkan buahnya dari dalam tanah, arah pada akarnya. Pasti kebayang kan!!! Terdapat pula makam seorang nayaka dari Ratu Kalinyamat (Kerajaan Kalinyamat) yang bernama Sayid Ustman.

Mandalika adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Portugis di daerah Keling – Jepara. Mandalika hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Portugis. Jalur Kapal Kartini Karimunjawa-Jepara melintas di antara Benteng Portugis dan pulau Mandalika. [Ntz]

Baca:  Menghabiskan Malam Romantis di Bukit Bintangnya Jogja
Sedang memuat...