Telan Korban, Pohon Beringin Ditumbangkan

0
77
Pohon Beringin Tua Ditumbangkan
Pohon Beringin Tua Ditumbangkan

Pati, netizenia.com- Pohon beringin tua yang berukuran besar di Desa Bantengan, Kecamatan Trangkil, tepatnya di depan Koramil Trangkil jalan Pati-Tayu, kemarin ditebang. Pasalnya, pohon tersebut sudah banyak meresahkan warga, terutama para pengguna jalan yang setiap hari melintas di jalan tersebut. selain itu, pohon beringin ini juga sudah memakan banyak korban lantaran rantingnya sering patah pada saat hujan.

Inf . Setyo Utomo, Danramil Trangkil menjelaskan, penebangan pohon beringin tersebut sebenranya merupakan permintaan dari warga. Banyak warga mengeluh lantaran setiap musim hujan, rantingnya patah dan menimpa para pengguna jalan.  Sementara dari Koramil 21/Trangkil hanya memfasilitasi saja.

“Sebelumnya memang ranting pohon beringin ini patah dan menimpa pengguna jalan sampai akhirnya meninggal. Karena itulah pihak keluarga meminta agar pohon beringin ini ditebang saja. Warga lain juga banyak yang mengusulkan untuk penebangan pohon ini. Karena banyak permintaan, kami langsung melayangkan surat ke BPPT Bina Marga Pati hingga surat kami disetujui dan hari ini (kemarin_red) ditebang,” jelasnya Kepada Harian Pati kemarin.

Berdasarkan keterangannya, baru-baru ini sudah dua orang yang tewas akibat tertimpa ranting pohon beringin tersebut. tidak menutup kemungkinan, apabila pohon tidak segera ditebang, akan ada korban lagi.

“Baru-baru ini sudah ada dua korban, kalau dulu-dulu pastinya banyak. Karena itulah kemudian kami berkordinasi dengan Kapolsek Wedarijaksa, Muspika dan warga masyarakat untuk langkah yang terbaik. Ternyata mereka sepakat untuk dilakukan penebangan saja,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Wedarijaksa, AKP. Rochana Sulistyaningrum mengkonfirmasi ikhwal kebenaran adanya korban akibat pohon beringin yang tumbang tersebut. Dia menjelaskan, pada saat hujan disertai angin kencang, pohon beringin tersebut rantingnya sering patah dan sudah banyak korbannya.

Baca:  Refleksi Hari Bumi

“Maka dari itu kami juga setuju jika pohon beringin tersebut ditebang agar kedepannya tidak ada lagi korban akibat tertimpa ranting patah,”  harapnya.

Suradi, salah satu pengguna jalan yang sering meluntas di kawasan tersebut juga mengaku setuju dengan adanya  penebangan pohon tersebut. Pasalnya dia hawatir kalau ada korban lagi akibat ranting patah.

“Dulu saya juga hampir saja tertimpa ranting pohon beringn yang patah. Alhamdulillah waktu itu tidak sampai melukai diri saya. Saya berharap dengan adanya penebangan ini, kedepannya tetap aman dan pengguna jalan tidak perlu was-was,” lugasnya.[Ntz]

Sedang memuat...