Pertahankan Vegetasi Tanah, Siswa MA Sunan Muria Cluwak Lakukan Aksi Tanam Pohon

0
88
Tanam Pohon
Tanam Pohon

Pati, Netizenia.com- Tanah dan vegetasi mengalami proses interaktif yang berpengaruh terhadap limpasan air permukaan maupun erosi. Keduanya saling mebutuhkan pohon untuk menjaga kestabilan tanah dan air. Sementara pohon yang sangat potensial untuk menjaga vegetasi tanah dan air adalah pohon beringin.

Dalam upaya menjaga kesuburan tanah dan memperbaiki daerah aliran sungai, siswa Madrasah Aliyah Sunan Muria Desa Karangsari,Kecamatan Cluwak melakukan aksi penanaman pohon beringin di sepanjang daerah aliran sungai Desa karangsari, Jumat (11/11). Penanaman pohon ini penting lantaran di desa tersebut ladar airnya sudah semakin berkurang. Disamping itu kedalaman air juga sudah mencapai 15-25 meter.

Khoirul Abidin, Kepala Sekolah MA. Sunan Muria menjelaskan, penanaman pohon oleh siswa tersebut merupakan betuk kepedulian siswa terhadap linkungan. Sementara penamana di sepanjang daerah aliran sungai tersebut adalah untuk menjaga tanah agar tidak rawan longsor dan kadar air dalam sungai bisa bersih. Untuk itulah kemudian dipilih pohon beringin yang sangat cocok untuk lokasi tersebut.

“Kami mengajarkan kepada siswa untuk peduli terhadap lingkungan, untuk itulah kami mengajak mereka untuk melakukan aksi tanam pohon ini. Sementara bibit pohon yang kami pilih adalah pohon beringin yang merupakan pohon paling bagus untuk vegetasi tanah. Kami berbharap dengan adanya aksi tanam pohon oleh siswa ini masyarakat sadar akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan,” tutur Abidin, Jumat (11/11).

Sementara itu, Siti Noor Alfiyah, salah satu siswa mengaku senang dan antusias dengan adanya aksi penanaman pohon ini. Pasalnya, merreka dapat terjun langsung dan terlibat untuk menjaga keberlangsungan alam.

“Saya sangat senang, apalagi banyak teman-teman yang ikut dalam aksi penanaman pohon ini. Harapan saya, kalau pohon beringin ini sudah besar semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat, keadaan sungai semakin membaik dan vegetasi tanah dapat terjaga,” harapnya.[Ntz]

Baca:  Penemuan Inovatif : Lampu Berbahan Garam Menjadi Star-Up Terpopuler Di Filiphina
Sedang memuat...