Indonesia sangat kental dengan budaya dan unsur mistik. Selain itu Indonesia juga memiliki makhluk-makhluk mitologi yang keren dan juga misterius keberadaannya.
Berikut 7 makhluk mitologi yang ada di Indonesia tersebut:

1. Cindaku (Manusia Harimau)

Makhluk mitologi yang pertama berasal dari Jambi. Dimana sosok ini berwujud berupa setengah manusia dan setengah harimau. Menurut legenda, Cindaku adalah ilmu batin yang merupakan warisan nenek moyang masyarakat yang ada di Kerinci.

2. Lembuswana (Hewan Suci dari Kerajaan Kutai)

Makhluk mitologi yang ke-2 berasal dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Makhluk mitologi ini ada sejak zaman Kerajaan Kutai ada. Makhluk ini sekaligus menjadi simbol Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara.

3. Warak Ngendog

Makhluk mitologi yang ke-3 berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Makhluk berbentuk naga ini merupakan simbol untuk pemersatu 3 etnis mayoritas yang ada di Semarang. Tiga perwujudan dari makhluk tersebut terdiri dari Naga (China), Buraq (Arab), dan Kambing (Jawa).

4. Ahool (Manusia Kelelawar)

Makhluk mitologi yang ke-4 berasal dari Gunung Salak, Jawa Barat. Dimana dalam mitosnya makhluk ini berwujud monster raksasa yang berwujud kelelawar. Dari beberapa cerita yang tersebar bahwa makhluk ini berjenis petrosaurus yaitu primata terbang.

5. Garuda

Garuda adalah makhluk mitologi yang ke-5 sekaligus merupakan simbol negara kita Indonesia, dimana makhluk ini banyak ditemui dalam mitologi Hindu, Budha, dan Mesir Kuno. Dalam ajaran Hindu makhluk ini merupakan wahana Dewa Wisnu dalam salah satu Trimurti.

6. Ebu Gogo (Manusia Pendek)

Makhluk mitologi yang ke-6 berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Sosok ini mempunyai tubuh yang tinggi sekitar kurang lebih 1 meter dengan kepala yang sebesar buah jeruk dan mempunyai tubuh berbulu lebat. Dari arti namanya “Ebu” yang berarti Nenek dan “Gogo” berarti pemangsa segalanya. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa makhluk mitologi ini mempunyai sosok seperti nenek-nenek yang mengintai mangsa apa saja sebagai makanannya.

Baca:  Inilah 5 Masjid Tertua di Indonesia

7. Orang Bati

Makhluk mitologi yang ke-7 berasal dari Pulau Seram, Maluku. Menurut legenda, sosok ini bertubuh manusia yang bersayap kelelawar. Makhluk ini tinggal di Gunung Kairatu dan suka menculik anak-anak untuk dijadikan mangsanya.

Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Sedang memuat...