Harga Cabai di Pati Melejit

0
184
Cabai Rawit Merah pati
Cabai Rawit Merah pati

Pati, Netizenia.com- Harga Cabai di Kabupaten Pati melejit tinggi selama sebulan terakhir.  Kenaikannya bahkan mencapai 50 persen dari harga cabai pada bulan sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 65.00/ kg untuk cabe rawit merah. Sementara pada bulan oktober kemarin, harga cabai rawit merah berkisar antara Rp. 30.000/kg sampai Rp. 35.000/kg. Kenaikan ini juga berbuntut pada kenaikan melemahnya daya konsumen masyarakat terhadap cabai.

Berdasarkan keterangan dari salah sati pedagang cabai di Pasar Puri baru Pati, Putriwati mengau harga cabai memang menaik tinggi. Pada awalnya kenaikan dimulai hanya sedikit demi sedikit, tetapi lama kelamaan semakin tinggi hingga mencapai harga Rp.65.000/kg. Kenaikan ini ia rasakan mulai pada bulan Oktober lalu hingga sampai saat ini belum ada penurunan harga sama sekali.

“Awal kenaikannya mulai pada bulan Oktober kemarin. Harganya pada waktu itu masih Rp. 35.000/kg kemudian naik sedikit-sedikit hingga sampai Rp. 65.000/kg ini. Ini kan menbdekati akhir tahun, biasanyakalau setiap akhir tahun kayak gini  harga cabai memang naik,” papar Putriwati.

Putriwati juga mebnambahkan, kenaikan ini membuatnya semakin sepi pelanggan yang membeli cabai. Kalaupun ada paling-paling hanya membeli sedikit, tidak sampai dengan jumlah yang besar.

“kalau pelanggan tetap ada, tetapi hanya sedikit kalau membeli cabai. Paling mereka hanya membeli seperempat saja, sedangkan untuk yang membeli dalam julah besar sangat jarang sekali,” imbuhnya.

Akibat kenaikan harga cabai ini, Sakiyem salah pedagang rujak asal Desa Winong, Kecamatan Pati merasa prihatin. Pasalnya, ditengah musim yang tidak menentu ini dengan penghasilan jualan rujak yang tidak seberapa, pihaknya harus membeli cabai dengan harga mahal. Terlebih cabai merupakan kebutuhan pokok untuk keperluan membuat rujak.

Baca:  Target Pendapatan Daerah Naik 0.8 Persen

“Saya tidak tahu penyebabnya, yang dari minggu ke minggu harga cabai terus naik. Kemarin saja pas waktu saya ke pasar Puri harga cabai sudah Rp. 65.000/kg. Padahal kalau saya tidak beli cabai, otomatis saya tidak bisa menjual rujak ini. Meskipun harganya segitu, ya tetap saya beli juga,” keluhnya.

Sebagai pegadang, Putriwati berharap agar harga cabai kembali normal sebagaimana harga pada bulan lalu. Hal senada juga dikatakan oleh Sakiyem agar harga cabai cepat  kembali seperti biasanya.[Ntz]

Sedang memuat...