Ini Lho Keutamaan Sedekah Itu!!

0
78
Keutamaan Sedekah
Keutamaan Sedekah

Sebagian dari harta kita merupakan milik orang-orang miskin dan anak yatim. Kita berkewajiban untuk memberikan harta itu kepada mereka. Islam mengajarkan untuk tidak memakan yang mukan milik kita. Sebaliknya, islam justru mengajarkan agar umat manusia senantiasa suka berbagi dan memberi kepada orang yang lemah. Salah satu keutamaan sedekah adalah dapat membersihkan harta dari hal-hal yang diharamkan.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwasnanya sedekah merupakan jalan untuk membersihkan harta dari hal-hal yang haram.sedekah juga merupakan cara untuk membuka pintu-pinti rizki yang sydah lama tertutup. Banyak orang yang kaya lantaran menempuh jalan sedekah, banyak orang miskin yang kemudian menjadi kaya karena banyak bersedekah. Keutamaan sedekah ini ada banyak hal, termasuk juga dapat memperpanjang umur.

Sedekah tidak harus dalam jumlah banyak, bahkan jumlah sedikitpun bisa dikatakan sedekah. Sedekah juga tidak harus berupa uang atau benda, mendoakan orang lain juga termasuk sedekah. Terkadang orang mempersempit pemaknaan sedekah sehingga ketika mendengar kata-kata sedekah yang maka didalam pikirannya adalah uang. Padahal tidak demikian. Al quran tidak menjelaskan bahwa bersedekah harus pakai uang, al quran hanya menjelaskan keutamaan sedekah dan pahalabagi orang yang sedekah.

Rasulullah menjelaskan tentang sedekah yang paling baikadalah sedekah kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Misalnya kepada fakir miskin, anak terlantar, dan anak yatim. Selain itu Rasulullah juga menyarankan agar bersedekah untuk keperluan ibadah, misalnya untuk pembangunan tempat ibadah. Adapun orang yang mau bersedekah, rasulullah sudah menjaminkan surga untuknya. Bahkan ketika di akhirat kelak, ia akan bertemu dengan rasulullah dan bersama-sama masuk ke dalam surga.

Alangkah lebih baiknya apabila sebagian dari penghasilan kita disisakan untuk sedekah. Tidak ada salahnya bersedekah, malahan Allah akan melipat gandakan sedekah kita. Makannya orang islam yang benar-benar percaya dengan janji-janji Allah, ia tidak akan khawatir miskin ketika hartanya disedekahkan. Bahkan dalam bersedekah terkadang merka tidak tanggung-tanggung dan tidak memperhatikan besarana uang yang dikeluarkan. Ia percaya bahwa Allah akan menggantikan dengan yang lebih besar.

Baca:  8 Cara Agar Istri Disayang Suami

Ketamaan sedekah yang paling fundamental adalah dapat menghapus dosa-dosa kita. Apabila kita bersedekah dengan ikhlas dan semata-mata untuk mendapatkan ridah Allah, maka Allah akan menghapus dosa-dosa yang sudah pernah kita lakukan. Dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan, sedekah dapat menghapus dosa, baik dosabesar maupun dosa-dosa yang  kecil. Layaknya air yang memadamkan api, sedekah pun demikian. Orang yang bersedekah kemudian bertaubat kepada Allah, maka Allah akan menerima taubatnya.

Orang-orang yang banyak dosa seperti misalnya berzina, korupsi, mabuk-mabukan hendaklah bertaubat dan meminta ampunan Allah. sebab dosa yangterus dibiarkan akan semakin membesar dan tidak dapat dihapuskan kecuali Allah benar-benar mengampuni dosa tersebut. Imam Bukhori menjelaskan bahwa dosa yang menumpuk hingga melebihi tingginya gunung, ia menjadi beban baik di dunia maupun di akhirat. Sementara dosa yang demikian itu hanya tidak akan hilang kecuali Allah menampuninya.

Keutamaan sedekah selanjutnya adalah akan mendapatkan naungan ketika hari kiamat kelak. Ketika hari kiamat, maka tidak ada yang bisa menlong kecuali amal perbuatannya sendiri. Rasulullah menceritakan tentang 7 orang yang akan selamat ketika hari kiamat, yaitu orang yang bersedekah dengan ikhlas. Rasulullah mengibaratkan tentang sedekah yang ikhlas adalah ketika tangan kanan memberi, maka tanan kirinya tidakpernah mengerti. Tidak juga meminta pengharapan dari sedekah tersebut.

Tidak hanya terbatas pada itu saja,keutamaan sedekah yang lainnya adalah dapat membuat  harta kita menjadi berkah. Harta yang berkah adalah harta yang apabila dibelanjakan akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Ia tidak mudah hilang ataupun dicuri orang lain. Sebab, harta yang berkah juga dilindungi leh Allah bersama orang yang mempunyai harta tersebut. Rasulullah bakan menegaskan bahwa dengan bersedekah, harta tidak akan berkurang. Untuk itu, anda tidak perlu hawatir harta anda akan berkurang apabila disedekahkan.

Baca:  Nyari Hoki di Tahun Monyet Api

Bagi orang yang mau bersedekah, Allah akan melipat gandakan pahalanya sebagaimana pahala orang yang  puasa selama 1 tahun dan tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu. Dalam al qur`an sudah dijelaskan, baik bagi laki-laki maupun perempuan yang maubersedekah, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya. Begitu banyak keutamaan sedekah yang dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sedang memuat...