Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Jumat

0
385
Sholat Jumat
Sholat Jumat

Setiap Jumat umat Islam laki-laki menjalankan ibadah sholat Jumat. Akan tetapi, belum tentu semua orang yang melakukan sholat Jumat tersebut tahu keutamaan sholat Jumat. Terkadang ada orang yang hanya ikut menjalankan sholat Jumat agar bisa dipandang orang lain, ada juga orang yang sholat Jumat karena terpaksa, ada juga yang sholat Jumat untuk menggugurkan kewajiban, dan ada juga orang yang sholat Jumat untuk mendapatkan ridha Allah. Dari semua motif tersebut, ada orang yang mengetahui keutamaan sholat Jumat dan ada juga yang mengetahuinya.

Bagi Anda yang belum mengetahui keutamaan sholat Jumat tersebut, dalam artikel ini akan kami bahas mengeai keutamaan-keutamaan sholat Jumat sesuai dengan petunjuk al-Qur`an, hadis dan ijtihad para ulama`.

Sholat Jumat dapat mengapus semua dosa

Keutamaan sholat Jumat bagi orang yang menjalankan sholat Jumat akan dihapuskannya semua dosa-dosa yang dimiliki. Hal ini sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwasannya antara sholat lima waktu dan antara Jumat satu dengan Jumat berikutnya, orang yang menjalankan sholat Jumat akan dihapus dosanya oleh Allah selama tidak melakukan dosa besar diantara dua Jumat terebut.

Pada hari jumat, orang yang melakukan sholat Jumat akan disempurnakan keislamannya oleh Allah dan dicukupkan nikmat untuknya.

Hal ini sebgaimana yang sudah tertera dalam al-Qur`an surat al-Ma`idah ayat 3 yang menjelaskan bahwasannya pada hari Jumat Allah telah menyempurnakan Agama seseorang yang menjalankan sholat Jumat, Allah juga mencukupkan nikat kepada orang yang melakukan sholat Jumat, dan Allah juga meridhai Islam sebagai agama orang yang menalankan sholat Jumat. Adapaun orang yang tidak menjalankan sholat Jumat, tentunya tidak akan mendapatkan apa yang sudah dijanjikan oleh Allah tersebut.

Baca:  Pesan Dan Doa Hari Ketiga Bulan Ramadhan

Hari Jumat adalah hari asy-syahid

Pada hari Jumat ini adalah hari dimana orang-orang yang meninggal pada hari ini akan mati syahid. Ibnu Umar menjelaskan hari asy-syahid adalah hari Jumat itu sendiri. Dalam sejarahnya, pada saat perang badar, perang terbesar zaman Rasulullah, banyak pengikut Nabi Muhammad yang meninggal pada hari Jumat. Sedangkan umat Muhammad yang meninggal pada waktu itu akan mati syahid sehingga hari Jumat ini kemudian dinamakan dengan hari asy-syahid.

Mendapatkan pahala sangat besar

Orang yang bergegas berangkat ke Masjid untuk melakukan sholat Jumat, mereka akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Maka dari itu, janganlah Anda mengulur waktu ketika panggilan sholat Jumat sudah berkumandang. Bergegaslah menuju masjid untuk melakukan sholat Jumat. Mengenai Keutamaan sholat Jumat ini, Abu Hurairoh menjelaskan bahwasannya orang yang bergegas menuju Masjid untuk melakukan sholat Jumat pahalanya sepadan dengan orang yang berqurban dengan seekor sapi.

Orang yang melakukan sholat Jumat, maka setiap langkahnya menuju masjid untuk menjalankan sholat Jumat tersebut akan mendapatkan pahala sholat dan puasa selama satu tahun.

Pada saat Anda akan berangkat ke Masjid untuk menunaikan sholat Jumat, maka malaikat akan mengikuti Anda dan menghitung setiap langkah Anda. Pada setiap langkah akan mendapatkan pahala dari Allah. Begitu juga ketika selesai melakukan sholat Jumat dan kembali ke rumah, maka akan dihitung lagi oleh malaikat dan setiap langkahnya merupakan pahala.

Selain keutamaan sholat Jumat, ada juga ancaman bagi orang yang meningalkannya, yaitu sesuai dengan hadits riwayat  Imam Muslim bahwasannya orang yang meninggalkan sholat Jumat hatinya akan ditutup oleh Allah. Dan mereka (orang yang meninggalkan sholat Jumat) termasuk orang-orang yang lalai.

Baca:  Inilah Rahasia Bulan Ramadhan
Sedang memuat...