Cara Cek Nomor Porsi Haji

0
1681
info porsi haji
info porsi haji

Bagi anda yang sudah mendaftarkan diri untuk berhaji, sudah pasti mempunyai nomor porsi resmi yang pada umumnya dicantumkan atau didapatkan pada saat BPIH atau setoran awal BPIH. Nomor porsi juga disebut sebagai nomor antrian pemberangkatan haji. Untuk mengetahui kapan keberangkatan haji anda, tentunya anda harus melakukan cek nomor porsi haji terlebih dahulu agar tidak salah informasi mengenai jadwal keberangkatan anda.

Untuk negara indonesia sendiri, sudah banyak masyarakat yang mendaftarkan diri untuk berangkat haji.  Bahkan saking banyaknya, daftar antriannya pun semakin panjang. Sebagaimana informasi dari kementerian Agama, pendaftaran haji yang dilakukan pada tahun 2015, akan diberangkatkan pada tahun 2025, yaitu selang waktu 10 tahun. Hal ini menunjukkan bahwasannya umat silam indonesia sudah berkembang sedemikian pesat  dan antusiasme untuk haji juga semakin tinggi.

Untuk melakukan cek nomor porsi haji, saat ini kementerian Agama sudah menggunakan situs online untuk mengecek jadwal tersebut. akan tetapi, kementerian agama juga tidak keberatan apabila yang bersangkutan ingin mengetahui secara langsung dikantor kementerian agama setempat. Tentu saja harus datang pada saat jam kerja. Biasa hal semacam ini dilakukan oleh jamaah calon haji yang usianya sudah tua dan tidak faham tentang internet.

Adapun bagi calon jamaah haji yang masih muda, mereka lebih memilih cek nomor porsi haji secara online, selain lebih mudah juga tidak pelu reput datang langsung ke kementerian agama. Kenapa cek nomor porsi haji dikatakan penting sebab hal itu adalah untuk mengetahui jadwal keberangkatan haji anda. Apabila anda tidak mengetahui, jadwal keberangkatan tentu saja anda akan kebingungan. Bahkan tidak menutup kemungkinan malah tidak jadi berangkat haji. Itulah pentingnya selalu mengecek nomor posrsi haji.

Baca:  Sambut Imlek, Ancol Siapkan 1.500 Lampion

Sebagaimana keterangan dari kementerian agama pusat, jadwal keberangkatan haji masing-masing calon jamaah haji ini sewaktu-waktu akan bisa berubah. Hal itu terjadi karena menyesuaikan ada dan tidaknya kuota tambahan tahunan. Pergeseran jadwal itu misalnya, ketika orang yang daftar haji pada tahun 2010 ternyata sudah meninggal sebanyak 20 orang, maka orang yang mendaftar haji pada tahun 2011 akan diberangkatkan berbarengan dengan angkatan 2010, tentunya hanya diambil 20 orang saja.

Berikut ini adalah cara cek nomor porsi haji yang perlu anda ketahui;

Cara Pertama

Setelah anda melakukan pembayaran untuk pendaftaran haji di BPS (Bank), tentunya anda akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang didalamnya sudah tertera nomor porsi haji. perlu di catat bahwa nomor porsi haji ini sebanyak 10 digit. Hal itu untuk mebedakan antara nomor porsi haji dengan nomor SPPH.

Cara Kedua

Perlu diperhatikan, jika anda terdaftar sebagai jamaah haji plus, mintalah bantuan kepada tempat mendaftar anda agar mendapatkan nomor porsi haji sebagai bukti legal. Maksud dari bukti legal ini, rata-rata calon jamaah haji plus menggunahan jasa travel haji plus sehingga tidak harus ada bukti legalitas nomor porsi yang sudah terdaftar di kemenag. Apabila travel haji plus anda tidak memberikan, mintalah kembali uang anda dan mendaftarlah pada jalur pendaftaran di kemenang.

Cara Ketiga

Perlu ditekankan, karena jumlah jamaah haji di Indonesia sangatlah banyak, maka calon jamaah haji harus sabar menunggu jadwal keberangkatan untuk beberapa tahun, bahkan hingga 10 tahun kedepan. Tentunya yang daftar awal akan berangkat lebih cepat dan yang daftar akhir, keberangkatannya juga agak lama.

Cara Keempat

Apabila anda sudah mendapatkan nomor porsi haji, maka anda sudah terdaftar sebagai calon jamaah haji resmi. Untuk itu, anda tidak pelu hawatir, tidak akan ada pemalsuan nomor porsi ataupun penipuan jika nomor porsi anda benar-benar sudah terdftar di kemenang.

Baca:  Membuka Pintu Surga Dengan Berzakat

Cara Kelima

untuk melakukan cek nomor porsi haji, anda bisa langsung datang ke kantor kemenang setempat agar biasa di proses secara cepat oleh pegawai disana. Setelah itu, anda akan diberikan informasi mengenai jadwal keberangkatan anda. Apabila sudah mendapatkan jadwal keberangkatan, selalu ingatlah jadwal tersebut agar anda bisa persiapkan jauh-jauh hari.

Cara Keenam

Untuk cek nomor porsi haji secara online, anda cukup memasukkan nomor porsi haji yang tertera dalam slip pembayaran awal di BPIH. Masukkan nomor tersebut kedalam laman yang sudah disediakan oleh kementerian agama. Untuk laman cek nomor porsi haji, anda bisa kunjungi website kementerian agama.

cek nomor porsi haji anda untuk mengetahui apakah anda sudah terdaftar resmi di kementerian agama ataukah belum. [Nawa/Ntz]

Sedang memuat...