Menjamah Alam di Air Terjun Tedunan

0
168
Air Terjun Tedunan
Air Terjun Tedunan

Setiap kali mengunjungi air terjun, rasanya memang agak berbada dengan tempat wisata yang lainnya. begitu juga ketika kita berada diair terjun Tedunan yang berada di desa Situ Luhur, Kecamatan Telogowungu, Pati ini. ada suasana khas yang tidak bisa kita dapatkan di tempat wisata air terjun lainnya. mulai dari perjalanan menuju lokasi air terjun tedunan hingga kepuasan ketika mandi di air terjun tersebut.

Air terjun Tedunan merupakan obyek wisata yang tergolong baru di ekspos oleh masyarakat sekitar pati. sebenarnya, air terjun tedunan ini sudah lama sekali keberadaannya, hanya saja masyarakat setempat mulai menjadikan air terjun ini sebagai obyek wisata adalah dimulai pada awal tahun 2016 yang lalu. meskipun demikian, animo masyarakat untuk berkunjung ke lokasi air terjun Tedunan ini juga sangat banyak sekali.

Jaraknya yang berdekatan dengan waduk Gunung Rowo, membuat Air Terjun Tedunan ini sangat cepat dikenal masyarakat. bahkan ada juga masyarakat luar daerah Pati yang sengaja datang ke Tedunan untuk melihat langsung keindahan dan keunikannya. Karena obyek wisata yang tergolong baru, maka banyak juga para pengunjung yang berdatangan setiap harinya. Bahkan para pengunjung tidak lupa untuk bermandi ria menikmati dinginnya air terjun tedunan tersebut.

Ketinggian air terjun Tedunan kurang lebih berkisan 60 meter. Dengan alur air yang memecah di tiga ruang, yaitu ruang bagian selatan, tenga danutara. Ketiganya sama-sama mengeluarkan air dan mempunyai ketinggian yang sama. Pada saat musim hujan, Volume air terjun Tedunan dipastikan semakin banyak dan semakin indah pula percikan airnya.

Adapun akses masuk menuju lokasi air terjun Tadunan tergolong sangat beresiko. Sebab, anda harus berjalan dari area parkir menuju lokasi air terjun. Pengunjung juga tidak bisa menggunakan kendaraan apapun karena perjalanan yang curam dan terjal menyusuri jalan setapak yang sengaja dibuat oleh warga untuk mempermudah pengunjung menuju lokasi. Dari area parkir, pengunjung bisa turun kira-kira 1 km untuk sampai kelokasi.

Baca:  Menghabiskan Malam Romantis di Bukit Bintangnya Jogja

Pengunjung tidak perlu hawatir, sebab jalan menuju air terjun Tadunan sangat sejuk dan indah. Terlebih dengan hamparan sawah dan aneka pepohonan yang berada di sekitar perjalanan. Semua itu membuat perjalanan anda merasa nikmat dan tidak akan melelahkan. Yang pasti, bayangkan bahwa air terjun tedunan sudah menanti anda, segeralah sampai dan menikmati keindahannya.

Dari atas, suara gemericik air terdengar sangat jelas sekali. Bahkan bagi anda yang penasaran dengan alur air terjun tersebut, anda juga dapat menelusurinya dengan seksama. Dari arah barat, asal aliran air terjun tedunan tersebut belum banyak yang mengetahui.tetapi aliran air yang menuju arah timur adalah menuju waduk gunung Rowo.

Sampai saat ini, pihak pengelola belum mematok tarif atau tiket masuk ke air terjun tedunan, pengelola hanya menarik uang paskir sebesar Rp3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat. Tunggu apa lagi, lambaian dan gemericik air terjun Tedunan sudah menanti kedatangan anda. [Cho/Ntz]

Sedang memuat...