Wisata Sumber Penghidupan Di Sumber Dodo Pati

0
260
Sumber Penghidupan Di Sumber Dodo Pati
Sumber Penghidupan Di Sumber Dodo Pati

Tidak habis-habisnya alam memberikan apa yang dibutuhkan oleh manusia. begitu juga dengan pegunungan kendeng utara yang memberikan banyak mata air sebagai penghidupan masyarakat sekitar.  Ada ratusan mata air yang muncul dan dimanfaatkan oleh sebagian besar warga pegunungan kendeng. dari ratusan mata air itu, ada juga mata air tidak pernah berhenti mengeluarkan air bersih baik dimusim penghujan ataupun di musim kemarau. Air tetap menalir membasahi bumi pertiwi, membasuh kebutuhan lahan pertanian, dan memberikan kesegaran bagi manusia dahaga.

Sumber Dodo adalah salah satu mata air di Desa Jimbaran, Kayen, Pati yang sampai saat ini menjadi obyek wisata menarik untuk dikunjungi. Bagi masyarakat sekitar,  Sumber Dodo merupakan mata air yang sangat bermanfaat sekali. Selain air yang dikeluarkan cenderung melimpah, air Sumber Dodo juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Letaknya tidak jauh dari Gua Pancur yang juga berada di kayen. Bagi anda yang mengunjungi Gua Pancur, Anda bisa melihat papan petunjuk untuk sampai di Sumber Dodo tersebut. cukup dengan berjalan kaki, anda sudah bisa sampai ke lokasi. Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk sampai ke lokasi Sumber Dodo ini.

Sesampainya di lokasi Sumber Dodo, mungkin anda akan bertanya-tanya tentang asal dari sumber air tersebut. memang benar, aliran air Sumber Dodo bermuara dari akar pohon Nyamplung (Calophyllum sp). Pohonnya besar sekali dan sudah berumur ratusan tahun. Dipercaya masyarakat bahwa pohon Nyamplung ini menyimpan sumber mata air yang sangat banyak sekali. Maka dari itu, ketika musim kemarau tiba dan sumur-sumur warga mengalami kekeringan, maka warga datang berduyun-duyun untuk mengambil air dari Sumber Ndodol tersebut.

Baca:  Pesona Fajar dan Senja di Punthuk Mongkrong Magelang

Sumber Dodo memiliki kualitas air yang jernih tanpa dimasak pun, air bisa diminum. Masyarakat sekitar biasanya meminum air Sumber Dodo ini tanpa melalui pengolohan terlebih dahulu. Buktinya, sampai sekarang masyarakat masih sehat dan kuat. Rasanya juga tidak jau berbeda dengan air minum kemasan atau air minum yang sudah melalui proses pengolahan.

Untuk merawat Sumber Dodo ini, masyarakat sekitar berusahan untuk menjadikan Sumber Dodo sebagai obyek wisata yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Masyarakat juga menolak apabila ada aktivitas perusahaan yang mencoba merusak keberadaan Sumber Dodo ini, seperti halnya pembangunan pabrik semen. Bagi warga sekitar, Sumber Dodo tidak hanya sumber air  semata, tetapi sudah menjadi sumber penghidupan. [Cho/Ntz]

Sedang memuat...