Ornamen Alam Di Gua Wiyu Rembang

0
104
Gua Wiyu Rembang
Gua Wiyu Rembang

Alam sudah memberikan cukup keindahan untuk dinikmati manusia, dan keindahan itu tidak akan pernah ada habisnya apabila manusia senantiasa merawat dan melestarikan apa yang sudah alam berikan kepada kita. Hanya saja, manusia terkadang egois, serakah dan angkuh terhadap keberadaan alam. Alam di eksploitasi dan dirusak seenaknya sendiri tanpa memperhatikan keberlangsungannya. Ekonomi dan pembangunan menjadi dalih untuk merusak alam sekitar.

Perlahan keberadaan alam sudah mencapai titik yang menghawatirkan. Banyak kekayaan alam yang dieksploitasi untuk kepentingan kapital, bukan untuk kelestarian alam itu sendiri. Imbasnya alam menjadi semakin rusak, keindahan tidak nampak lagi, sumber-sumber mata air hilang, dan potensi-potensi wisata alam musnah. Semua itu tidak lain adalah karena keserakahan manusia.

Satu lagi potensi wisata Gua alam di pegunungan Kendeng utara yang tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya adalah Gua Wiyu. Gua Wiyu merupakan salah satu kekayaan alam yang berada di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Gua Wiyu juga termasuk dalam kawasan pegunungan kendeng utara yang saat ini senter di bicarakan banyak orang terkait dengan pembangunan pabrik semen di pegunungan kendeng tersebut.

Apabila anda berkunjung di Gua Wiyu ini, anda akan menemukan keindahan yang masih tersembunyi di pegunungan kendeng. Perlu diketahi juga bahwa Gua Wiyu memiliki chamber atau lorong besar dengan diameter 8 meter  sehingga apabila anda ingin memasukinya, anda tidak perlu hawatir untuk merangkak atau merunduk. Di dalamnya juga terdapat turunan sekitar 5 meter yang merupakan turunan khas Gua Wiyu tersebut.

Adapun jenis dari Gua Wiyu ini badalah Gua vertikal. Jenis Gua vertikal tidak banyak ditemukan di pegunungan meskipun guanya sangat banyak sekali. Jenis gus vertikal menjadi satu hal yang unik dan memberikan panorama keindahan tersendiri di dalamnya. Sedangkan untuk entrance atau mulut Gua Wiyu sistem pembentukannya adalah karena reruntuhan atau collapse. Dalam artian, mulut Gua Wiyu tidak dibuat oleh tangan manusia, tetapi merupakan hasil dari alam sendiri yang menyesuaikan dengan lingkungan.

Baca:  Menyusuri Goa Pancur dan Temukan Keindahan Perut Kendeng

Memasuki kawasan dalam Gua Wiyu, anda akan disuguhkan dengan berbagai ornamen yang sangat menakjubkan. Didalamnya terdapat stalagtit, stalagmit dan pilar yang bisa anda nikmati keindahannya. Anda juga bisa mengabadikan momen di Gua Wiyu ini dengan sanak saudara atau keluarga atau bahkan pacar anda. Terlebih dengan  susunan bebatuan alam yang terdapat di dalam Gua Wiyu ini, sudah pasti anda akan kecewa jika tidak mengabadikan melalui foto maupun video.

Perlu anda ketahui juga bahwa di dalam Gua Wiyu juga terdapat tetesan air dari atap gua yang merupakan ornamen alami gua atau stalagtit. Saking banyaknya air yang menetes dari atap gua tersebut, dibawahnya banyak sekali ukiran-ukiran alam yang terbuat dari tetesan air tersebut. bagi masyarakat sekitar Gua Wiyu, mereka juga memanfaatkan air Gua ini untuk kebutuhan sehari-hari. Dan banyak pula masyarakat pertanian yang mengambil air Gua Wiyu ini untuk mengairi sawahnya.  Uniknya lagi, air di dalam Gua Wiyu tidak pernah kering meskipun pada saat musim kemarau.

Mengenai kedalamannya, Gua Wiyu memiliki kedalaman kurang lebih 35 meter dari mulut Gua. Anda juga bisa memasuki Gua ini, tentu saja harus dengan bantuan penerangan lampu dan bantuan masyarakat sekitar agar anda bisa lebih detail dalam melihat keindahan Gua Wiyu. Lebih jelasnya, Gua Wiyu merupakan Gua alam yang menawarkan sejuta keindahan di dalamnya tanpa ada rekayasa tangan manusia. maka akan sangat beruntunglah bagi mereka yang menjaga dan melestarikan keindahan dan keberlangsungan Gua Wiyu ini. [Cho/Ntz]

Sedang memuat...