Hari Lingkungan Hidup sedunia? Bagaimana Gajah Sumateraku?

0
346
gajah sumatera
gajah sumatera

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar tentang Hari Lingkungan Hidup Sedunia? Mungkin anda akan menanyakan tentang bagaimana kabar lingkungan disekitar anda yang dirasa semakin panas atau lain sebagainya. Hari Lingkungan Hidup sedunia diperingati pada setiap tanggal 5 juni. Pada tahun ini, United Nations Environment Programme (UNEP), program lingkungan PBB mengusung tema “tanpa kompromi dalam memerangi perdagangan illegal satwa liat” sebagai tema utama. Hal ini merupakan wujud upaya kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup.

Lantas bagaimana di sekitar kita? Pada maret lalu, Indonesia mengalami kerusakan hutan yang mengerikan akibat kebakaran, terlebih di pulau Sumatera dan Kalimantan. Setidaknya selama kurang lebih 3 bulan masyarakat bertahan melawan asap yang berbahaya. Kebakaran hutan inipun lantas ditetapkan sebagai bencana nasional. Banyak polemik yang ada dalam bencana ini, mulai dari upaya mengusut siapa yang bertanggung jawab dalam bencana tersebut hingga bagaimana upaya untuk memperbaiki dan mencegahnya dikemudian hari.

Bila kebakaran hutan terjadi, lantas bagaimana nasib satwa liat di hutan belantara? Sumatera memiliki beberapa hewan endemik yang terancam punah, antara lain Gajah Sumatera. Dewasa ini, satwa bertubuh besar ini banyak diperbincangkan menyusul kehawatiran akan kepunahannya. Populasi Gajah Sumatera dari tahun ke tahun terus menurun dan kini terancam punah. Padahal hewan tersebut merupakan satwa asli Indonesia dan merupakan aset biologis yang tak ternilai harganya. Hingga kini, populasi satwa bergading di alam kini tinggal 2400-an ekor yang dapat diperkirakan.

Selain persoalan rusaknya lingkungan, kegiatan perdagangan illegal satwa liar juga menjadi pendukung kepunahan satwa bertubuh besar ini. Pada me lalu, Polda riau berhasil menggagalkan perdagangan sepasang gading gajah sumatera di sebuah restoran. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran bagaimana pentingnya menjaga dan melestarikan satwa liar. Tema Hari Lingkungan Hidup (World Environment Day) 2016 adalah memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Tema ini diwujudkan dalam sebuah slogan, Go Wild for Life. Di mana perdagangan ilegal satwa liar telah menjadi mengikis keanekaragaman hayati di bumi dan mengancam kelangsungan hidup berbagai spesies yang mengagumkan seperti badak, harimau, dan gajah. Satwa-satwa liar tersebut saat ini menjadi hewan langka yang terancam punah. Diharapkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dapat menginspirasi kita untuk bersama-sama memerangi perdagangan illegal satwa liar dan menjaga habitat mereka di alam liar. [jihan/ntz]

Baca:  Permainan Tradisonal dan Pendidikan Karakter Anak
Sedang memuat...