5 Tips Menyambut Puasa Bagi Wanita

0
266
Puasa Ramadhan
Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan tinggal hitungan hari lagi, masyarakat muslim seluruh dunia mulai mempersiapkan apa saja yang patut untuk menjadi bekal selama bulan suci ini. tidak hanya dalam hal materi saja, tetapi juga hal-hal yang sifatnya sepiritual. Hal-hal yang berkaitan dengan materi misalnya mempersiapkan makanan yang sehat selama bulan puasa dan lain sebagainya. Dalam hal spiritual, masyarakat muslim biasanya menyambut ramadhan dengan menambah ketakwaan kepada Allah dan mempertebal keimannya.

Bagi wanita, menyambut datangnya bulan suci ramadan tidak hanya dilakukan dengan biasa saja. Ada hal-hal menarik yang patut dilakukan wanita ketika menyambut bulan puasa. Berikut ini adalah hal-hal yang patut dilakukan wanita ketika menyambut bulan suci Ramadhan 2016 ini.

1. Melunasi Hutang Puasa Sebelumnya

Bagi wanita, menstruasi merupakan tamu bulanan yang tidak bisa dihindari, terlebih bagi wanita yang tidak sedang hamil. Pada saat puasa, tentunya wanita juga mengalami menstruasi. Entah itu 1 hari maupun sampai satu minggu. Selama menstruasi tersebut, wanita tidak boleh melakukan ibadah-ibadah fardhu seperti halnya sholat dan puasa. Untuk itu,bagi wanita yang pada saat puasa mengalami menstruasi, wajib bari mereka untuk meninggalkan puasa dan mengkhodo` atau membayar hutang. Sudah kah anda membayar hutang puasa pada tahun yang lalu? apabila belum, maka terlebih dahulu anda harus membayar hutang puasa agar dalam menyambut puasa 2016 ini, anda lebih terasa tenang dan ringan.

2. Menata Mental

Perlu anda ketahui bahwa puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga selama terbitnya fajar (waktu subuh) hingga tenggelamnya matahari (waktu maghrib), tetapi jua menahan hawa nafsu, emosi dan hal-hal yang lainnya yang dapat merusak ibadah puasa kita. Menurut Imam Al-Ghazali, ada tiga tingkatan puasa, yaitu puasa umum (`am), puasa khusu (khos), dan puasa super khusus (khowasul khos). Puasa umum adalah puasa yang hanya menahan lapar dan dahaga. Sementara puasa khusus adalah puasa yang tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan mata, lisan, tangan dari sifat-sifat tercela. Sedangkan untuk puasa super khusus adalah puasa yang tidak hanya menahan dari lapar dahaga dan sifat-sifat tercela saja, tetapi menjaga hati agar tidak berpaling kepada Allah.

Baca:  10 Nasehat Abadi KH. Hasyim Asy'ari
Sedang memuat...