5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Saat Berpuasa

0
239
pola makan sehat saat puasa sangat penting

Bulan puasa memang sudah semakin dekat, dengan hadirnya moment puasa bagi mereka yang muslim akan mengalami perubahan dan penyesuaian pola hidup menyesuaikan ibadah puasa. Dari yang biasa sarapan pagi menjadi sarapan dini hari, karena melakukan ibadah sahur, dari yang biasa makan malam mungkin sudah kenyang karena sudah di dahului berbuka puasa.

Selain jadwal dan pola makan yang berubah, perubahan pola hidup juga akan mengalami perubahan. kita perlu mengatur pola makan yang sehat, ketika anda biasanya bisa makan dan minum sepuasnya, anda akan menahan diri untuk tidak makan dan minum karena harus menjalankan ibadah puasa. Dari berbagai perubahan pola tersebut terkadang bila tidak terlalu terbiasa dengan menjalankan ibadah puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis mungkin akan sedikit merasa berat di awal-awal, tapi dengan niat yang kuat dan disertai penyusaian yang tepat akan sangat membantu anda dalam melewati ibadah puasa kali ini.

Sebagai bekal untuk persiapan menghadapi bulan suci ramadhan, berikut ada tips-tips sehat yang netizenia.com bagi untuk anda saat menghadapi bulan puasa.

1. Pilihlah makanan yang bisa bertahan lama dalam tubuh saat sahur

Pola makan yang sehat juga harus dimulai saat kita memulai hari saat berpuasa, yaitu saat kita menjalankan ibadah sahur. Sebaiknya dipilih makanan yang mampu bertahan lama di dalam tubuh sehingga kita tidak cepat merasa lapar. Pilihlah makanan yang bisa menjaga kestabilan gula darah darah tubuh, karena kestabilan gula darah juga berpengaruh yang membuat anda cepat atau tidaknya merasa lapar.

Untuk asupan karbohidrat , protein, dan lemak harus selalu seimbang, untuk memperoleh asupan karbohidrat kompleks konsumsi beras merah sangat disarankan, karena sangat baik untuk menjaga kestabilan gula darah. Saat makan sahur hindarilah mengkonsumsi makanan yang digoreng, karena hanya akan membuat anda akan mudah sekali haus.

Baca:  Mengungkap Berbagai Manfaat Buah Pinang

2. Makanlah buah secara langsung

ketika anda agak malas dengan mengkonsumsi karbohidrat berat seperti nasi saat sahur, anda bisa menggantinya dengan memakan buah-buahan manis. Cara mengkonsumsi lebih baik dengan cara langsung tidak diblender atau dibuat jus. Memakan buah secara langsung beserta ampasnya, bisa menjadi alternative asupan karbohidrat, selain itu dengan mengkonsumsi buah juga bisa menjaga kestabilan gula darah yang membuat anda tidak mudah lapar.

3. Minum air putih minimal 4 gelas

Pola makan sehat tidak bisa terlepas dari asupan air, apalagi saat kita akan mejalankan ibadah puasa. Mengkonsumsi minimal 4 gelas saat sahur akan menghindarkan kita mengalami dehidrasi saat sedang menjalankan ibdah puasa.

4. Hindari tidur lagi setelah makan sahur

Terkadang menjadi kebiasaan, setelah makan sahur karena masih merasa mengantuk kita akan beranjak tidur lagi, untuk melanjutkan mimpi yang tertunda..hehe. Namun tahukah itu pola tersebut bukanlah pola yang sehat apalagi saat berpuasa. Selesai sahur tubuh memerlukan waktu untuk mencerna dan mengolah makanan yang sudah kita makan. Untuk itu alangkah baiknya bila digunakan untuk aktivitas kecil, atau persiapan menuju masjid untuk sholat subuh berjamaah, jangan gunakan untuk tidur lagi. bila anda tidur lagi proses percernaan tidak akan sempurna malah akan menimbulkan asam lambung, efeknya anda akan merasa kembung, mulas atau gangguan pencernaan lainnya.

5. Berbuka dengan kudapan yang manis

Terkadang karena rasa lapar yang tertahan seharian membuat kita tidak sabar untuk segera menyantap makanan utama. Tapi cara tersebut bukanlah pola yang sehat, bahkan malah memiliki efek negative pada tubuh. Efeknya anda akan merasa akan mengantuk dan pencernaan akan mengalami gangguan karena belum mengalami pembiasaan setelah seharian kosong karena berpuasa.

Baca:  Tetap Sehat Yuk Walaupun Berpuasa

Pola yang sehat yang dianjurkan saat berbuka adalah mengekonsumsi makanan yang manis. Tapi jangan salah tidak setiap makanan manis, minuman bersantan seperti kolak dan sejenisnya atau minuman yang mengandung pemanis buatan juga tidak disarankan. Karena saat menjalankan ibadah puasa kadar gula ditubuh kita mengalami penurunan, dan harus segera dipulihkan.

Minum jus buah yang mengandung banyak air akan sangat membantu untuk mengembalikan kestabilan gula darah, bagi yang suka buah kurma, buah yang satu ini sangat baik sebagai makanan pembuka saat berbuka. Selain memiliki kandungan karbohidarat manfaat kurma juga baik sebagai penstabil gula darah.

Dengan pola hidup sehat dan makan yang sehat saat berpuasa niscaya semua rangkaian ibadah yang ingin kita lakukan bisa berjalan lancar. Dan yang pasti tetap sehat selama berpuasa. [M.a/Ntz]

Sedang memuat...