Inilah 6 Obyek Wisata Deles Indah Klaten

0
5197
Pintu Gerbang Wisata Alam Deles Indah
Pintu Gerbang Wisata Alam Deles Indah

Deles Indah ternyata tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, tetapi juga menawarkan obyek wisata lainnya. ketika anda sudah puas menikmati pemandangan alam di Deles indah, ada lagi obyek wisata yang patut anda kunjungi. Di lokasi yang sama anda dapat menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dan gua tua yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Berikut ini adalah 6 obyek wisata di Deles Indah Klaten yang wajib anda kunjungi dan pastinya tidak akan mengecewakan. Ditambah lagi, anda akan mendapatkan pengetahuan baru dan inspirasi menbarik dari obyek wisata Deles Indah ini. Beikut obyek wisatanya:

Pesanggrahan Pakubuwono X

Para pemerhati maupun peneliti sejarah, tentunya sangat senang sekali apabila berkunjung ke Deles indah ini. Sebab ada Pesanggrahan Pakubuwono X yang dipakai beliau untuk bertapa atau bersemedi. Pada tahun 1938, Sunan Pakubuwono X sering bersemedi di pesanggrahan ini, terlebih ketika beliau mendapatkan masalah dan ingin berkonsultasi dengan Yang Maha Agung.

Ketika Pakubuwono X sedang bimbang, Pesanggrahan ini juga sering menjadi tempat menyendiri Pakubuwono untuk menenangkan hati dan pikiran. Ketika bersemedi,  Pakubuwono X tidak menginginkan adanya orang yang datang ke area Pesanggrahan tersebut. Maka dari itulah, Pakubuwono meminta pengawalnya untuk berjaga-jaga di area masuk Pesanggrahan yang letaknya kurang lebih 1 km dari pesanggrahan.

Seiring dengan perjalanan waktu, pesanggrahan pakubuwono X ini menjadi salah satu obyek wisata di Deles Indah yang banyak dikunjungi oleh wisatawal lokal maupun mancaneara. Terutama seklai bagi mereka yang ingin menetahui peninggalan Sunan Pakubuwono X.

Makam Kyai Mlayopati

Salah satu obbyek wisata di Deles Indah yang lainnya adalah obyek wisata religi yang berupa makam Kyai Mlayopati. Makam tunggal ini berupa gundukan tanah dan batu bertuliskan Mlayopati dengan huruf jawa baru. Kyai Mlayopati atau juga di sebut Ki Hajarmerto Eyang Gotro ini berasal dari kerajaan Mataram, mempunyai dua orang anak yang bernama Ki Wonoboyo atau Ki Ageng Mangir dan Ular Kisi.

Baca:  Arsitektur Alam Goa Lawa dan Goa Macan

Makam ini sering untuk tempat ziarah dan setiap bulan ruwah ada kendurian adat yang di namakan Nyadranan. Selain itu, di makan ini juga diadakan ziarah rutin yang dilakukan setiap tanggal 15 Ruwah. Pada tahun 2015 kemarin, diadakan agenda tahunan yang berupa Kirab Wulu Pawetu, sebuah kirab yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan masyarakat kepada kyai Mlayopati.

Sendang Kali Reno  

Ada lagi obyek wisata di Deles indah yang dapat anda nikmati, yaitu Sendang kali Reno. Menurut warga setempat, pengambilan nama Kali reno adalah karena sumber mata air dengan anek awarna. Kali Reno berasal dari kata Kali yang artinya sumber air atau sungai kecil, sedangkan Reno mempunyai artinya warna. Apabila anda berkunjung ke Sendang kali Reno ini, anda dapat melihat secara langsung warna-warna air yang ada di Sendanbg kali Reno tersebut.

Sendang kali Reno juga menjadi sumber mata air warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari, terutama pada saat musim kemarau. Kali Reno terletak di lembah di kelilingi bukit dan panorama alamnya yang sejuk dan indah serta teduh di bawah rindangnya pepohonan yang besar dan kicauan burung.

Taman Ngajaran

Di Deles Indah juga terdapat sebuah taman yang letaknya tidak jauh dari area parkir pengunjung. Tepatnya di sebelah barat hutan Akasia dan sebelah utara pesanggrahan Pakubuwana X dan juga di sepanjang jalan menuju bukit Petung. Karena lokasinya yang menarik, Taman Ngajaran juga sering dijadikan tempat camping dan outbone masyarakat sekitar maupun masyarakat dari luar daerah. hampir setiap satu bulan sekali, ada orang yang camping di taman ngajaran ini. Bagi anda yang ingin camping dan susah untuk menentukan lokasi yang menarik dan indah, Taman Ngajaran adalah tempatnya.

Baca:  Pesona Pantai Lovina Di Bali Utara

Bukit Pring Cendani

Ada lagi yang menarik dari Deles Indah, yaitu Taman Pring Cendani eksotisnya dari Taman Ngaaran. Hanya saja, Taman Pring Cendani merupakan hutan bambu yang tiak teratur. Apabila anda mengunjungi Taman Pring Cendani ini, anda dapat melihat bagaimana keindahan bambu yang tumbuh sejajar dan kecil-kecil. Di dalamnya juga terdapat jalan setapak menuju ke puncak merapi. Yang menjadi unik dari Taman Pring Cendani ini adalah karena dominan ditumbuhi satu vegetasi bambu-bambu pendek atau pring Cendani.

Gua Sapuangin

Gua Sapuangin ini terletak dibawah Pring cendani. Adapun kedalaman dari Gua ini adalah sekitar 8 meter. Menurut penjelasan waga setempat, Gua Sapuangin ini dahulunya merupakan tempat persembunyian para tentara jepang. Dalam pembuatannya, tentara Jepang juga melibatkan warga sekitar. Karena takut dengan ancaman Jepang, warga kemudian membantu tentara Jepang untuk menyelesaikan Gua Sapuangin tersebut.

Untuk sampai ke lokasi Deles Indah, ada dua rute yang bisa anda pilih salah satunya. Rute pertama adalah dari arah Boyolali, anda tinggal  menuju arah Jatinom. Sesampainya di Jatinom, lalu anda belok ke arah kanan menuju kecamatan Kemalan. Lurus hingga anda menemui gapura atau gerbang masuk bertuliskan wisata Alam Deles Indah.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Delea Indah dari Klaten, simak rute kedua ini. Yaitu dari kota Klaten, anda dapat mengambil arah menuju Godang kemudian menuju kecamatan Kemalang, lurus hingga menemukan gerbang masuk Deles Indah. [Cho/Ntz]

Sedang memuat...