Wisata Buku di Kota Jogja

0
579
Selain kota budaya Yogyakarta juga terkenal dengan slogan sebagai kota pendidikan. Banyak universiatas dan  perguruan tinggi yang menjamur di seluruh wilayah kota Jogja. Mulai dari universitas negeri hingga yang swasta  termasuk kampus golongan menengah ke atas, dan menengah ke bawah ada di kota yang istimewa ini. Kehidupan di Jogja, Mulai dari para anak-anak pejabat hingga anaknya orang yang kurang mampu, membaur di kota ini. Semua  kampus di Jogja mempunya ciri dan karakter yang mengambarkan keunikanya masing-masing.
 
Tradisi intelektual dengan budaya membaca juga tumbuh subur di kota ini.  Banyaknya mahasiswa dari pelosok seantero negeri ini hingga sampai luar negeri yang berdatangan silih berganti. Menjadikan tempat-tempat keilmuan seperti toko-toko buku semakin menjamur disetiap sudut ruang publik yang ada. bahkan akses untuk mendapatkan keilmuan itupun terasa sangat mudah untuk didapatkan, terutama bagi mereka yang haus akan ilmu pengetahuan.
 
Selain itu, banyaknya toko buku yang ada di kota pendidikan, juga menjadikan alasan mengapa kota ini menjadi terkenal. Terutama dengan sebutan kota pelajar dan budaya yang serat akan pengetahuan yang tinggi. Di bawah ini penulis akan berbagi sebuah informasi tentang toko-toko buku yang terkenal dan sering dikunjungi sebagai destinasi belanja buku yang ada di kota Yogyakarta.
 
1   Shopping CenterPasar buku ini merupakan pusat belanja buku terbesar yang ada di kota jogja. Terletak  di sebelah timur Taman Pintar, tepat di pusat kota Jogja membuat akses para pengunjung akan semakin mudah menemukan lokasi ini, baik yang dari luar daerah ataupun di dalam daerah kota Jogja. Pasar buku yang bertempat di gedung dua lantai ini seakan menjadi surganya pagi para kolektor buku. Banyaknya buku yang di jajakan, mulai dari buku yang baru terbit hingga yang tidak diterbitkan lagi, dapat ditemukan disini. Pasar buku shopping ini menjadi magnet tersendiri bagi parapecinta buku seantero negeri ini. Pasar yang berdiri kios-kios kecil ini mulai buka mulai dari jam 07.00 hingga jam 20.00 yang perputaran uangnya bisa mencapai 100 juta per harinya. Nah, bagi para pencita buku tidak ada salahnyaketika berkunjung ke Jogja dan mampir di salah satu pasar buku terbesar di indonesia ini.
 
2        Kios Buku Terban
Deretan kios penjual buku ini terletak di sepanjang jalan Kahar Muzakir yang merupakan pasar buku rakyat, terkenal dengan kemurahan bukunya yang di jual. Hampir sama seperti di toko buku shopping, di kios-kios ini juga menjual buku  baru dan buku-buku langka yang sudah tidak di terbitkan lagi. Buku-buku lama yang sudah dalam bentuk copian mirip dengan aslinya, juga banyak dijual. Toko buku disini sudah terkenal dengan tingkat kemurahannya yang sangat menggiurkan, meskipun dengan kualitasnya juga sepadan toko buku-buku lain. Sebagai reverensi destinasi para kolektor buku, tempat ini perlu di catat sebagai alternatif mencari buku-buku pilihan yang baru.
3        Sosial Agenci Book
Adalah sebuah toko buku yang mempunyai cabang terbanyak di kota Jogja ini. toko buku ini identik dengan slogan besarnya yang beranama Sosial Agency Book atau bisa disebut (SAB). Di toko ini juga banyak mengoleksi buku-buku akademis yang banyak dicari oleh para pengunjung. Meskipun harga buku-buku disini bisa dibilang agak sedikit agak mahal, tapi tetap terjangkau. Bagi para pelajar dan mahasiswa, toko buku bisa dijadikan tempat rujukan pertama ketika mereka menghadapi persoalan dalam belajar. karna para mahasiswa akan di carikan solusinya dalam membaca buku.
4   Toga Emas
Toko buku ini terletak di jl. Gejayan sebelum jalan Ring Road utara. Terletak di sebelah kiri jalan. Toko ini juga terkenal dengan koleksi buku-buku barunya  yang menjadi favorit pertama bagi anak-anak muda. Terutama bagi mereka yang ingin meng update dengan keberadaan buku-buku kipop yang akhir-akhir ini mulai marak bereda.  Toko buku ini selalu menjadi tujuan pertama anak-anak muda dan mahasiswa dalam hunting soal buku. Di toko buku Toga Emas ini juga menjual perihal buku yang baru terbit sebelum toko-toko  yang lain menjualnya. Tingkat pelayanan di toko buku ini juga nyaman, dan sekaligus memuaskan. tempat ini juga menjadi tempat yang sangat nyaman bagi para pengunjung yang ingin berlama-lama mencari buku di toko ini.
5.Gramedia

 

Gramedia adalah toko buku nasional yang cabangya sudah banyak di kota-kota besar di seluruh Indonesia. di jogja toko buku ini juga menjadi destinasi yang patut perlu dipertimbangkan. Walaupun kebanyakan buku yang dijual adalah  buku-buku terbitan Kompas Gramedia, sebagai induk perusahaan yang menaungi toko tersebut. Namun tidak ada salahnya kalau mencari buku-buku dan mengunjungi  tempat ini. Diharapkan sebagai pelengkap wisata buku di kota Jogja yang istimewa ini.
Baca:  Ke Pantai Kartini, Dijamin Anda Tidak Rugi
Sedang memuat...