Surga Alam Goa Kare

0
246
surga alam gua kare
surga alam gua kare

Ekspedisi Kendeng kali ini hadir dengan menampilkan wajah Goa di kawasan Kendeng yang sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat. namanya Goa Kare yang berada di kabupaten Rembang. Bagi masyarakat Rembang, sedikit banyak sudah mengetahui keberadaan goa karena ini, tetapi bagi masyarakat luar (Rembang) dipastikan masih sedikit yang mengetahuinya. Sebab, Goa Kare ini merupakan Goa tua yang beru diketahui oleh masyarakat Rembang.

Goa Kare tepatnya berada di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, yang masih berada dalam kawasan pegunungan Kendeng utara. Lokasinya berdekatan dengan ladang dan sawah para petani yang secara langsung memberikan warna keindahan tersendiri di kawasan Goa Kare. Selain itu, untuk sampai di goa Kare, pengunjung harus berjalan kaki menapaki sungai dengan sedikit linangan air mengalir. Tapi anda tidak perlu hawatir, aliran sungainya tidak terlalu deras dan airnya juga bening melebihi kaca.
Bagi parapecinta alam, keberadaan Goa Kare ini dikatakan sebagai kemolekan tersembunyi di kawasan Pegnungan kendeng Utara. Sebab, hanya sedikit orang yang dapat mengetahui keberadaan Goa Kare. Selain karena lokasinya yang jauh dari perkampungan  warga, Goa Kare juga kurang diekspos oleh media sehingga hanya sedikit orang yag mengetahuinya meskipun penemuan Goa Kare ini tergolong sudah lama.
Perlu anda ketahui, untuk sampai ke lokasi Goa Kare, pengunjung tidak bisa menggunakan kendaraan motor maupun mobil. Hal itu dikarenakan jalan menuju Goa Kare masih berupa tanah liat yang sangat rawan kecelakaan apabila menggunakan motor. Pengunjung hanya bisa berjalankaki dari area parkir yang sudah disiapkan oleh masyarakat sekitar. Jarak tempuh perjalanan dari area parkir hingga lokasi Goa kurang lebih sejauh 300 meter.
Disepanjang perjalanan tersebut, pengunjung akan dikipasi oleh hembungan angin yang begitu kencang. Jadi, anda akan merasa sejuk meskipun terik matahari berada di atas kepala. Di kanan kiri jalan, anda disuguhkan dengan pemandangan penghijauan berupa pohon-pohon jati yang ditanam tahun 2015 lalu untuk menjaga kelestariakbn alam di sekitar Goa Kare. Sedikit lebih jauh, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan sawah yang luas.
Pesona lainnya adalah keindatan tebing Gunung Kendeng dengan hutan rimbunnya. Dari kejauhan, Gunung kendeng mempunyai panorama keindahan sendiri sebelum anda sampai ke lokasi Goa Kare. Jadi, anda tidak perluhawatir akan merasakan kelelahan. Bahkan sebaliknya, anda akan semakin tertarik untuk terus mengunjungi Goa Kare maupun keindahan alam disekitarnya tersebut. dari berbagai keindahan alam itulah anda akan merasakan kenyamanan dan keteduhan yang tiada bandingnya.
Mulut Goa Kare juga tidak terlalu besar, setelah mulai memasuki goa, akan terlihat keindahan batu kars yang terbentuk alami. Di dalamnya, pengunjung bisa memasuki dan berfoto ria untuk mengabadikan momen alam yang paling indah ini. pengunjung juga bisa memasuki Goa ini sejauh 100 meter dari mulut Goa. Tentu saja harus dengan pelawangnya agar anda tidak kesasar. Sebab, panjang Goa Kare ini sangat panjang. Semakin anda masuk ke dalam, kondisinya semain gelap dan pengap. Karena itulah pengelola Goa Kare hanya membatasi sejauh 100 meter untuk masuk kedalam Goa tersebut.
Goa Kare merupakan goa perbukitan karst yang memiliki ciri khas ornamen-ornamen yang menakjubkan, sayangnya ornamen seperti stalagtit dan stalagmit tidak terdapat lagi di Goa ini karena aktivitas penambangan, namun hal itu tidak mengurangi keindahan dari Goa Kare. Saat menyusuri Goa Kare para pengunjung masih tetap dapat menikmati keaslian tempat wisata goa ini. Goa Kare dulunya di percaya berada di dalam lautan karena adanya temuan fosil mirip dengan karang laut.
Dalam menelusuri Gua Kare, beberapa orang menemukan fosil-fosil binatang laut seperti fosil kerang, fosil karang sampai beberapa pecahan gerabah. Ini merupakan temuan baru yang tercatat di Gua Kare. Ada juga hewan endemik Gua Kare, seperti kalacemeti dan beberapa serangga unik lainnya.
Temuan ini memang sering terjadi di beberapa gua karst di Pegunungan Kendeng. Karst sendiri merupakan kawasan yang berperan penting bagi kelangsungan biodiversitas di bumi. Biodiversitas sendiri memiliki peranan penting secara ekologi dan bagi masyarakat. Di dalam goa akan terlihat pancaran sinar matahari yang terpancar dari sela-sela langit goa. Pengunjung juga akan tertakjub dengan penghuni Goa Kare yang banyak, yaitu kelelawar. [Cho/Ntz]
Baca:  Eksotisme Air Terjun Kali Pancur Semarang
Sedang memuat...