Mengungkap Rahasia Pesona Keindahan Air Terjun Tretes, Pati

0
430
netizenia.com
Menikmati keindahan alam memang tidak akan pernah merasa bosan. Sebab, alam selalu menampakkan keindahannya dari hari ke hari. Hari ini anda mengunjungi wisata alam, maka esok anda menunjunginya kembali, bisa dipastikan ada suasana yang berbada, meskipun obyeknya sama. Kebanyakan masyarakat mengenal wisata alam berupa pegunungan, pantai, keindahan hutan, perkebunan dan air terjun.
Pada topik kali ini, kita akan lebih banyak mengupas tentang keindahan yang ditawarkan oleh air terjun tretes di daerah pati. Perlu anda ketahui, bahwa pati juga mempunyai keindahan alam yang sama dengan di daerah pegunungan lainnya. Air terjun tretes merupakan salah satu keunggulan tempat wisata di daerah pati yang banyak menawarkan keindahan.
Dengan pesona gemericik air yang terjun dari atas hingga ke bawah, susana yang nyaman dan damai, serta keindahan alam sekitar, membuat tretes tidak hanya menjadi tempat wisata semata tetapi juga menjadi tempat yang cocok untuk merenung dan menyendiri. Bagi anda yang sedang dilanda asmara dengan seorang kekasih, air terjun tretes juga bisa menjadi solusi untuk meluapkan kegembiraan anda.
Air terjun Tretes merupakan bagian dari dua air terjun di desa Gunungsari, kec. Tlogowungu, Kab. pati, Jawa Tengah. Warga sekitar lebih mengenal nama gabungan dari dua air terjun yang berdiam di desa tersebut dengan sebutan Air Terjun Santi.  Pada dasarnya, di desa gunung sari memang terjadat dua air terjun yang lokasinya agak berdekatan, yaitu air terjun santi dan air terjun tretes.hanya saja masyarakat sekitar pati lebih banyak mengenal air terjun tretes daripada air terjun santi.
Hal itu juga dikarenakan karakteristik kedua airterjun yang sangat berbada. Air terjun tretes memiliki karakteristik yang agak unik dan menarik. Ketinggian air terjun tretes mencari 500 meter dengan linangan air yang cukup banyak. Akan tetapi, ketika musim kemarau menerpa, volume air terjun tretes semakin berkurang.
Selain itu, keindahan lainnya juga bisa dilihat dari sekitar air terjun tretes yang terdapat perkebunan kopi sehingga menambah keteduhan suasananya. Kopi dapat tumbuh subur dan membawa keindahan tersendiri ketika dipadukan dengan suasana di air terjun tretes.
Untuk sampai pada lokasi air terjun tretes, anda tidak perlu hawatir. Rutenya memang sedikit rumit, tetapi mudah untuk ditemukan. Ada beberapa jalur yangperlu anda lalu untuk sampai ke lokasi air terjun tretes.pertama dari jalur Dukuh Santi, Desa Gunungsari dan yang kedua dari Dukuh Jetir, Desa Tanjungsari. Biasanya akses jalan termudah yang paling banyak dilalui oleh pengunjung adalah melalui Desa Gunungsari.
Untuk lebih jelasnya, dari kota pati,anda tinggal lurus ke utara mengikuti jalan pati-tayu. Sesampainya di daerah trangkil, anda akan menemukan pertigaan yang menunjukkan arah Pasucen-Lahar. Kemudian anda tinggal menuruti jalur pasucen lahar tersebut hingga sampai di  desa Gunungsari. Desa tersebut adalah pemberhentian terakhir untuk ke air terjun Tretes. Kendaraan akan dititipkan di perumahan warga dengan membayar biaya parkir sekitar Rp2.000,- per kendaraan.
Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 KM dengan medan jalan setapak yang dikelilingi oleh pemandangan indah hutan dan kebun kopi. Sesampainya di air terjun tretes, segala keluh kesah dan kepenatan anda akan segera terbayarkan dengan menikmati keindahan air terjun dan pesona alam di sekitarnya. [Cho/Ntz]
Baca:  Pesona Kecantikan Waduk Gunung Rawa
Sedang memuat...