Karakter Kopi JOLONG PATI

0
1212
Kopi Jolong, Pati
Kopi Jolong, Pati
JOLONG, biasa dikenal akan kebun kopinya, ketinggiannya mencapai sekitar 700-an mdpl dan robustalah jenis yang mendominasi diperkebunan kopi tersebut. mulai dibawa belanda pada akhir abad 19. Perkebunan sebagian besar di urus oleh PTPN (PT. Perkebunan Nusantara) dan sisanya milik warga sendiri. Banyak jenis kopi yang dibudidayakan di daerah JOLONG PATI yaitu mulai dari robusta, arabika, liberika hingga peaberry bisa ditemukan di perkebunan JOLONG PATI.
Warga membudiyakan kopi dengan cara unik yaitu menyambung pucuk robusta dengan kopi arabica dan hasilnya tingkat keasaman arabica JOONG PATI tidak begitu kentara dan bahkan didominasi rasa pahit dan sedikit asam.
karakteristik kopi JOLONG PATI bisa disebut mirip dengan sayuran dan sedikit tembakau dan itu ciri khas kopi di dataran jawa hampir semuanya memiliki aroma sayuran dan tembakau.
Kopi JOLONG PATI bila di roasting “dark” akan keluar aroma khasnya dan sangat cocok ntuk dijadikan blend campuran seperti kopi susu, kopi coklat dan kopi santan. karena pahitnya robusta jolong sangat kuat dan bisa dibilang kopi lampungnya jawa.
Dalam membuat kopi JOLONG PATI sebaiknya memakai suhu diatas 90 derajat dan itu tidak akan membut aroma kopi JOLONG PATI hilang tapi malah menambah keluarnya aromanya.
Perkebunan kopi JOLONG PATI ada dua tempat yaitu perkebunan kopi jolong satu dan perkebunan kopi jolong dua, dimana kita bisa menjumpai agro wisata diperkebunan tersebut dekat dengan pabrik PTPN. [Aziz/Ntz]
Baca:  Eksotisme Alam Pegunungan Kendeng Utara
Sedang memuat...