Gemericik Air Terjun Perawan, Pati

0
214
Aliran air sungai yang jatuh perlahan membawa suasana keakraban yang tidak bisa dibayangkan lagi. Rintik air terjun yang begitu menggoda dengan irama yang khasnya membuat pengunjung mampu menikmati suasana keindahan air terjun perawan. Ya, air terjun perawan atau yang juga dikenal dengan sebutan air terjun Grenjengan Sewu.
Asal mula dikatakan sebagai air terjun perawan adalah karena rintikan air terjun yang begitu syahdu seakan mengajak masyarakat untuk menikmatinya lebih lama. Lebih dari itu, semakin lama dipandang, semakin tidak membosankan air terjun tersebut. pada mulanya masyarakat sekitar juga belum banyak yang mengetahui tentang keberdaan air terjun perawan ini. hanya saja ketika malam hari, suara gemericik air terjun perawan ini terdengar keras dan syahdu. Pada saat itulah masyarakat kemudian merasa penbasaran dan menelusuri dari mana arah suara gemericik syahdu tersebut.
Tak lama kemudian masyarakat sekitar menemukan aliran air terjun yang lokasinya memang berjauhan dengan perkampungan warga. Lokasinya berada di persawahan dan tertutup dengan semak-semak. Wajar apabila masyarakat sekitar banyak yang tidak mengetahuinya.
Lebih tepatnya, lokasi air terjun perawan ini terletak di desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati. Lbih mudahnya, anda bisa datang ke kota pati. Setelah sampai di pati, anda ambil jalur pati-Tayu, sampai di bundaran lingkar tayu,  tepatnya di desa pakis, pabrik gula pakis, ambil jalur kiri jurusan gunungwungkal. Mulai dari perjalanan menuju Gunungwungkal ini anda akan disuguhi dengan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan. Ada pepohonan yang bisa mensterilkan udara dari polusi dan berbagai pemandangan indah lainnya.
Sesampainya di Gunungwungkal, anda tidak akan lagi merasakan kepanasan karena udara disana sangatlah sejuk meskipun terik matahari tepat berada diatas kepala. Disamping itu, hamparan sawah dengan tanaman padi yang ranum juga akan memanjakan mata anda dalam setiap perjalanan menuju air terjun Perawan.
Sesampainya di kecamatan Gunungwungkal, carilah desa Jrahi. Anda bisa tanyakan kepada pendudk sekitar dengan ramah. Sudah pasti anda juga akan dijawab dengan ramah. Sebab, masyarakat di daerah Gunungwungkal terkenal ramah dan suka menolong orang. Apabila anda sudah sampai di desa Jrahi, anda tinggal menanyakan lokasi air terjun Perawan kepada penduduk sekitar. Tak lama anda akan ditunjukkan jalan menuju air terjun perawan tersebut.
Untuk sampai pada lokasi air terjun perawan ini memang agak sulit, sebab lokasinya berada di persawahan dan tidak bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan. Anda hanya bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Tetapi anda tidak perlu hawatir, meskipun dengan jalan kaki, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sanbat indah. Demikian karena lokasinya memang berada di perbukitan. Disekelilingnya terdapat banyak tanaman penghijauan yang menyejukkan perjalanan anda. jadi, anda tidak perlu hawatir akan keringetan.
Perlu diketahui pula bahwa air terjun perawan ini mempunyai ketinggian 25 meter serta 485 meter di atas permukaan laut. Sesampainya di lokasi air terjun perawan, anda bisa menikmati pemandangan air terjunnya atau alam disekitarnya. Anda juga bisa menikmati irama sendu gemericik air terjunnya.
Hanya saja, pemerintah Daerah Pati belum melirik tempat wisata yang satu ini. padahal, ada potensi wisata yang sangan menuntungkan bagi pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar. Yang terpenting, jangan sampai air terjun perawan ini di kelola oleh swasta. Alangkan lebih baik apabila dikelola oleh masyarakat sekitar sendiri dan dibantu oleh pemerintah daerah.
Nampaknya pemerintah daerah pati memabg tidak begitu mempedulikan adanya onbyek wisata yang menarik dan asri ini. padahal, sudah kewajiban pemerintah bersama dengan masyarakat untuk melestarikan lingkunagn dan alam sekitar untuk menjaga ekosistem. Semoga pemerintah daerah Pati bisa legowo untuk mengelola obyek wisata air terjun perawan ini. dan keberadaan air terjun perawan bisa dikenal secara nasional dan banyak wisatawan yang mengunjunginya. [Cho/Ntz]
Baca:  Arsitektur Alam Goa Lawa dan Goa Macan
Sedang memuat...