6 Kemampuan Penting Manusia Yang Hilang Karena Teknologi

0
239
netizenia.com
Kita semua sepakat, bahwa lahirnya teknologi adalah untuk meringankan beban manusia, dan membuat pekerjaan kita terasa lebih mudah. Namun seiring berkembangnya teknologi ternyata memiliki implikasi minor  terhadap kemampuan yang dimiliki manusia. Ini mungkin perlu menjadi perhatian, bahwa manusia di masa depan yang sangat bergantung dengan teknologi yang mereka ciptakan sendiri akan membuat mereka menjadii budak dari teknologi. Berikut adalah kemampuan manusia di masa depan yang akan hilang karena teknologi.
1. Menulis
Menulis merupakan kemampuan motorik halus yang mengkoordinasikan gerak tangan dan otak untuk membuat rangkaian huruf untuk menyampaikan informasi. Tapi, pernahkah kalian merasa semakin anda mahir menggunakan teknologi seperti laptop atau smartpone membuat tulisan tangan kalian menjadi jelek, dan merasakan menulis secara manual tidak lagi aktivitas yang efektif.
Padahal kemampuan menulis sangatlah penting dalam perkembangan seorang manusia.  Karin James seorang psikolog dari India University menyatakan menulis sangat mempengaruhi perkembangan otak seorang anak. Bahwa dengan menulis tangan akan meningkatkan kreatifitas, kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, dan kemampuan membaca.
Namun hadirnya teknologi sekarang seperti  cukup hanya mengucapkan kata, dan komputer akan melakukannya untuk kalian. Teknologi ini sudah sangat lazim di berbagai komputer dan smartphone milik kalian, dan mungkin akan lebih berkembang lagi, dan bisa jadi akan menghilangkan kemampuan  manusia untuk menulis tangan di masa depan.

2. Berhitung
Berhitung adalah salah satu kemampuan penting dalam kehidupan, karena setiap aktivitas kita yang berhubungan dengan ekonomi atau teknik tak terlepas dari matematika dan berhitung. Namun dengan hadirnya teknologi kesulitan dalam berhitung tak lagi menjadi masalah. Teknologi awal adalah hadirnya kalkulator sebagai alat hitung yang cepat dan efisien, namun fungsi kalkulator semakin diupgrade dengan berbagai kemampuan berhitung yang lebih komplek.
Para pengguna smartphone pasti sangat terbantu dengan aplikasi kalkulator yang mereka miliki. Tidak hanya untuk melakukan perhitungan operasi sederhana seperti penjumlahan atau pengurangan, segudang kemampuan berhitung rumit bisa dilakukan oleh aplikasi ini. Kemungkinan dimasa depan upgrade kalkulator bisa melakukan perhitungan yang lebih rumit lagi yang membuat manusia akan sangat bergantung dengan teknologi yang satu ini.

Kemampuan mengeja
Mengeja merupakan kemampuan untuk melakukan pelafalan dalam berbahasa secara benar. Dengan hadirnya teknologi sekarang saja kemampuan mengeja sudah tidak terlalu penting karena teknologi pintar sekarang bisa melakukan koreksi terhadap kesalahan dalam mengeja.
Aplikasi yang tertanam dalam smartphone atau komputer seperti google now, atau aplikasi word dan sejenisnya mampu melakukan koreksi secara benar atas pelafalan yang kurang tepat walaupun era sekarang kemampuan teknologi tersebut masih terbatas. Namun teknologi tidak pernah berhenti berkembang, 10 atau 20 tahun ke depan kemampuan teknologi tersebut akan jauh lebih canggih, dan manusia tak perlu lagi belajar dalam mengeja karena kemampuan tersebut sudah digantikan oleh teknologi.
4.       Kemampuan navigasi
Kemampuan navigasi sangat diperlukan dalam berbagai keperluan kehidupan. Kemampuan navigasi meliputi membaca arah, mengingat arah dan tempat atau pun membaca peta membantu kita saat melakukan bepergian untuk sampai ke tujuan yang tepat.  Saat kita masih disekolah dasar kemampuan navigasi ini juga menjadi pelajaran wajib yang harus dikuasai seorang siswa, salah satunya adalah membaca peta.
Namun hadirnya teknologi sekarang kemampuan navigasi sudah mampu dilakukan dengan hanya bermodal smartphone yang kalian genggam. Kemampuan teknologi navigasi sekarang sangat canggih dengan hadirnya GPS (global positioning system) yang menggunakan teknologi satelite, hanya dengan terkoneksi internet, atau bahkan dalam kondisi tidak terkoneksi kalian bisa sampai ke tujuan dengan tepat hanya dengan mengandalkan teknologi ini.
Bisa jadi di masa depan kemampuan navigasi manusia benar-benar akan hilang dengan makin berkembangnya terknologi navigasi. Terus bagaimana jadinya ketika manusia masa depan tiba-tiba jauh dari teknologi yang menolongnya..??.
5.       Kemampuan mengingat nomer telepon
Kemampuan yang satu ini mungkin sudah terasa menghilang dari kehidupan kita. Ketika dulu masa telepon masih menggunakan telepon umum, kita sedikitnya mampu mengingat 5-10 nomer telpon yang sering kita hubungi. Namun hadirnya telpon genggam, dan sekarang di era smartphone kemampuan kita mengingat nomer telpon mungkin hanya sebatas nomer telpon yang kita miliki saja.
Dahulu mungkin kita sangat mudah mengingat nomer telpon pasangan kita, ibu kita, atau keluarga kita, namun dengan kemampuan  teknologi sekarang itu tidak perlu dilakukan . smartphone ditangan kalian mampu menyimpan nomertelepon  sebanyak apapun, dan dengan sangat mudah kita mencarinya di gadget kita itu, bahkan hanya dengan perintah suara kita bisa menemukannya tak perlu susah untuk mengingat.  Namun, faktanya kemampuan kita mengingat sudah tergantikan oleh teknologi mungkin dimasa depan sangat membutuhkan teknologi untuk melakukan apapun termasuk mengingat.
6.       Kemampuan bersosialisasi
Dulu, bercengkrama, bahkan berkenalan menjadi sebuah hobi untuk beberapa orang. Berkomunikasi secara lisan dengan orang yang tidak dikenal sampai akhirnya saling mengenal adalah hal yang lumrah dilakukan.  Kemampuan bersosialisasi juga menandakan bahwa seseorang memiliki pergaulan, atau ‘anak gaul’  idiom bagi remaja yang pandai bersosialisasi.

Namun seiring perkembangan teknologi kemampuan tersebut semakin terkikis. Kesan ‘gaul ‘tidak lagi nampak ketika pandai dalam bersoalisas,  tetapi di ukur ketika memiliki pertemanan yang banyak di dunia maya. Hal ini mempengaruhi kualitas interaksi dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kita tidak lagi saling menyapa walaupun sangat dekat secara fisik. Ini satu kemampuan yang hilang akibat makin canggihnya teknologi. [ MA/Net]
Baca:  Sidik Otak Cara Terbaru Mengidentifikasi Identitas Seseorang
Sedang memuat...