Rona Bibir Pantai Indrayanti

0
168
Pantai Indrayanti Yogyakarta

Hamparan pasir putih membentang di sepanjang bibir pantai Indrayanti. Gulungan ombak mengayun seraya mengajak kita untuk membenamkan diri di tepi pantainya. Burung beterbangan, kerang lalu-lalang, dan angin yang sepoi-sepoi menuntun kita untuk menikmati nuansa keindahan pantai Indrayanti.
Pada awal mulanya, pantai Indrayanti sebenranya mempunyai nama pantai Pulang Syawal. Adapun bisa disebut sebagai pantai Inderayanti pada awalnya mendapat banyak kontroversi karena Indrayanti sebenarnya bukan nama pantai ini. Indrayanti merupakan nama pemilik salah satu kafe dan restoran yang berada di pantai. Karena nama Indrayanti yang terpasang dipapan nama di cafe dan restoran pantai ini selanjutnya masyarakat menyebut pantai ini menjadi nama Pantai Indrayanti.
Sedangkan dari pemerintah sendiri menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal atau Pantai Pulsa. Akan tetapi pantai ini selanjutnya menjadi lebih terkenal dengan menggunakan nama Pantai Indrayanti.
Pantai Indrayanti terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Indrayanti, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung menuju arah Wonosari, beberapa ratus meter setelah melewati kota wonosari, akan dengan mudah ditemukan rambu lalu lintas yang menunjukkan arah ke kanan, dengan mengikuti rambu tersebut kita akan sampai di pantai Indrayanti. Dan bagi kita yang naik kendaraan umum dari arah kota Yogyakarta, naiklah bus ke arah Wonosari dari terminal Giwangan. Setelah sampai di terminal Wonosari, teruskan dengan naik angkutan umum ke arah Tepus, Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju pantai Indrayanti menggunakan ojek.
Menikmati keindahan pantai Indrayanti bisa membuat kita tak ingin cepat-cepat pulang. Beberapa penginapan yang dibuat dengan konsep ‘back to nature’ ada di bawah bukit, rumah-rumah panggung yang menyerupai honai (rumah adat Papua) pun menghiasi pemandangan. Dan ada pula persewaan Jet ski yang bisa kita manfaatkan. Berjalan-jalan di air saat airnya surut sungguh sangat menyenangkan, kita bisa melihat dasar pantai dengan makhluk-makhluk laut yang mengagumkan. Namun tentunya kita harus berhati-hati untuk tidak menyakiti mereka dan juga kaki kita sendiri.
Memanjat bukit di sisi timur pantai indrayanti tidak akan membuat kita menyesal, karena sesampainya di atas bukit, pemandangan laut luas yang berbatasan dengan Samudra Hindia terhampar. Dan menengok ke arah barat, beberapa pantai yang dipisahkan oleh bukit-bukit terlihat berjajar, sungguh pemandangan yang membuat hati melonjak kegirangan. Dan saat senja menjelang, bukit ini akan menjadi spot terbaik untuk menyaksikan mentari yang kembali ke peraduannya.
Pantai Indrayanti kendati masih tergolong pantai baru di Gunung Kidul, namun fasilitas yang tersedia cukup memadai, seperti adanya Gazebo dan permainan Jet Sky yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk menikmati panorama keindahan pantai dari sisi lain.
Selepas bersky anda bisa beristirahat di gazebo yang terletak di tepian pantai sambil menikmati hidangan makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan indah di lepas pantai.
Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih terhampar di sepanjang garis pesisir pantai yang pendek yaitu sekitar 250 m, jadi untuk menyusuri pantai ini dari pojok sebelah barat sampai pojok sebelah timur tidak membutuhkan waktu yang lama.
Di sebelah barat dari pintu masuk patai ini terdapat gunung batu karang yang cukup besar dan sangat menawan dan dibalik pegunungan tersebut terdapat pantai yang berpasir putih bersih terhampar indah dan menakjubkan. [Cho/Ntz]

Baca:  Menjamah Pantai Kute, Bali
Sedang memuat...