Menjadi Pribadi Dewasa Dalam Perubahan, Kenali Tanda-Tandanya

0
243
netizenia.com

Netizenia.com-Mungkin sebagian dari kalian sudah mendengar pepatah lama yang mengatakan “tua adalah niscaya, tapi dewasa itu merupakan pilihan”, yups… semua orang pasti akan mengalami yang namanya tua, mau tidak mau itu pasti terjadi pada kita semua, tapi berfikir untuk menjadi dewasa tidak semua manusia mencapainya. Dewasa bukan sekedar bertumbuh secara fisik tapi juga diiringi perubahan secara nalar pikir untuk menjadikan hidup memiliki makna dan berguna, dan itu merupakan pilihan.

Terkadang kita menemuinya dalam diri orang-orang disekitar kita, secara usia sudah matang namun dalam menyikapi masalah kehidupan masih menggunakan pola yang dimiliki anak-anak. Begitu juga sebaliknya ada beberapa orang-orang disekitar kita walaupun masih berusia yang relative muda sudah memiliki visi hidup dan memiliki sikap sebagai orang yang dewasa dalam menyikapi permasalahan hidup. 
Pastinya hampir semua kita sepakat bahwa hidup itu identik dengan perubahan, dari bayi menjadi anak-anak kemudian beranjak remaja dan akhirnya menjadi dewasa, dan juga termasuk perubahan-perubahan lain yang terjadi di kehidupan kita. Namun tahukah kalian sikap seperti apa yang mesti dilakukan yang menandakan kita memang orang yang dewasa dalam menghadapi perubahan?, ini adalah tanda kalian sudah dewasa mensikapi hidup yang penuh perubahan.
Kedewasaan dalam kepribadian
Mampu mengontrol emosi dan bukan dikontrol emosinya.
Pribadi seorang yang dewasa bisa tercermin dari caranya mengontrol emosi. Seorang yang dewasa tahu bagaimana untuk selalu bersikap rasional dalam mensikapi setiap kejadian yang dialaminya, hal ini tidak hanya terkait dengan anger management, tapi juga tatkala menghadapi situasi sulit dan sedih, dan rasa gembira. Dengan begitu setiap ada perubahan yang tidak sesuai dengan harapan tidak menjadikannya jatuh secara mental, dan mampu menyikapinya secara lebih tepat.
Tidak terjebak di dalam masa lalu dan trauma
Seseorang yang mampu keluar dari masa lalu yang kelam dan mampu melawan rasa takut dalam dirinya merupakan ciri orang yang dewasa. Karena dia sadar bahwa ketika dia masih hidup dalam bayang-banyang masa lalu hanya akan menghambatnya untuk berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik.
Mempunyai kepercayaan diri dan berani mencoba hal baru
Pribadi dewasa juga bisa terlihat bagaimana dia percaya akan segala kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Percaya diri adalah modal untuk menatap masa depan, seseorang yang memiliki kepercayaan diri tidak mengecilkan dirinya untuk melakukan hal-hal baru walaupun itu hal yang pertama baginya. Dengan memiliki kepercayaan diri seseorang akan terdorong untuk mencapai apa yang dia cita-citakan dan dia menyadari bahwa potensi yang dimilikinya bisa membantunya meraih apapun yang diimpikan.
Bisa merelakan sesuatu yang sudah terjadi dan menjadikannya pelajaran berharga dalam hidup
Bagi sebagian orang terkadang sulit merelakan sesuatu padahal itu telah berlalu. Seseorang yang mempunyai kedewasaan menyadari sesuatu yang telah terjadi tidak akan kembali lagi, merelakan dan memaafkan sesuatu yang telah terjadi menjadikan seserong memiliki pribadi yang kuat. Mengerti Hidup harus bergerak maju, kenangan hanya boleh menjadi pelajaran hidup dan tidak boleh menghambat kita.
Menghargai setiap kerja keras yang dilakukan.
Pribadi dewasa itu tahu bagaimana mengapresiasi setiap pekerjaan yang dilakukan, dengan begitu kita tahu setiap capaian yang sudah kita raih. Dengan merayakan kemenangan-kemenangan kecil dalam hidup menjadikan kita pribadi yang lebih bersyukur atas apa yang bisa wujudkan dalam hidup.
Kedewasaan dalam relationship
Bisa menerima keterbatasan orang lain.
Pribadi dewasa juga terlihat dari cara memperlakukan orang lain. Ego kita terkadang selalu menuntut orang lain sesuai dengan keinginan kita, tapi bagi pribadi dewasa dia mampu menyadari bahwa setiap orang memiliki keterbatasan dan kekurangan, dengan mengerti hal tersebut menjadikan kita pribadi yang bijak dalam menjalin hubungan dan memaklumi ketika dia sesekali melakukan kesalahan karena kenyataannya tidak ada pribadi yang benar-benar sempurna dalam setiap hal.
Bisa menjadi teman curhat yang baik bagi orang-orang disekelilingnya
Dalam hubungan pertemanan atau pun percintaan pribadi dewasa bisa terlihat bagaimana dia bisa menjadi pendengar yang baik bagi pasangan atau sahabat. Tidak semua orang siap untuk mendengar keluh dan kesah, karena bahkan kita sendiri pun orang yang juga mempunyai masalah, tapi pribadi dewasa mampu memberikan ruang bagi masalah orang-orang yang disekelilingnya bahkan bisa membantu memecahkan masalah mereka.
Suka berdiskusi dan menerima saran orang lain
Pribadi dewasa itu mengerti bahwa dirinya juga bukan orang yang sempurna, saling bertukar pikiran akan sesuatu tidak membuatnya menjadi pribadi yang bodoh. Tapi malah bisa menjadikannya menyadari kekurangan yang harus diperbaikinya.
Berani membuka diri dan mengungkapkan perasaan
Salah satu ciri pribadi dewasa nampak pada sikap untuk mengakui bahwa dia menginginkan untuk menjalin suatu hubungan entah itu percintaan atau persahabatan. Pribadi dewasa tidak segan untuk mengungkapkan sesuatu yang diyakini benar walaupun tidak selalu mendapatkan hasil yang diinginkan.
Mampu bersikap benar dan rasional dan menjalin hubungan
Terkadang kita sebagai pribadi sulit menerima keadaan atas hubungan yang kita jalin, sulit menerima kenyataan bahwa hubungan percintaan yang kita jalin hanya menyakiti kita. Seorang pribadi dewasa menyadari bahwa setiap hubungan tidak dijalin dengan paksaan , sehingga kita tidak memaksakan apa yang kita rasakan pada orang lain, demikian juga seorang pribadi dewasa tahu kapan harus mengakhiri sebuah hubungan ketika hubungan tersebut hanya merugikan bagi diri kita.
Itulah beberapa sikap yang dimiliki orang berpribadi dewasa, bagaimana dengan anda?? [netizenia]
Baca:  Ummu Aiman; Wanita Yang Tak Pernah Haus Saat Puasa
Sedang memuat...