Hari ini Rupiah Melemah

1
125
netizenia.com

Para analis ekonomi memperediksi hari ini rupiah akan mengalami penurunan. Terjadi pergeseran nilai tukar yang bisa mengakibatkan melemahnya rupiah. Pergeseran nilai tukar rupiah terhadap dollar AS (USD) dan pergerakan pasar saham, sebagian besar akan dipengaruhi oleh data pertumbuhan ekonomi tahun 2015 dan Indeks Tendensi Konsumen (ITK).
Dugaan kuat pergeseran ini karena terjadinya sentimen ekonomi dalam negeri. Hal itu bisa dilihat dari sisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menunjukkan perbaikan pada kuartal IV 2015. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 tercatat sebesar 4,79% yoy (tahunan), melambat dibandingkan 5,2% yoy pada 2014.
Namun kinerja ekonomi pada Q4-2015 mencapai 5,04% yoy menunjukkan perbaikan yang tertolong oleh tumbuhnya pengeluaran pemerintah hingga 41,3% secara kuartalan.
Sedangkan konsumsi rumah tangga tumbuh tipis 0,01% qtq (triwulanan), investasi tunbuh 5,01%, ekspor tumbuh negatif 1,85% qtq karena penurunan harga komoditas dan impor tumbuh 5,7% sebagai konfirmasi dari perbaikan ekonomi.
Hari ini, berdasarkan perkiraan para analis, Indeks future bursa Asia tercatat merah sebagai indikasi potensi koreksi bursa Asia hari ini, terbawa sentimen negatif bursa global dan harga minyak mentah yang kembali turun untuk jenis WTI dibawah US$30 pbrl. Ssedangkan rupiah diproyeksi kemungkinan akan melemah menuju kisaran antara Rp.13.600 – Rp.13.680 per USD. [Cho/netizenia]

Baca:  Dari Kayu Bekas Hingga Pesanan Luar Negeri
Sedang memuat...