Fakta-fakta Tentang Sampah Plastik Yang Patut Jadi Renungan

0
3662
sampah plastik
sampah plastik

Di beberapa kota besar di Indonesia telah menetapkan membuat kebijakan untuk mengenakan biaya tambahan untuk membeli plastik ketika berbelanja di toko retail maupun super market. Tujuannya untuk menekan jumlah penggunaan kantong plastik oleh masyarakat, bahkan sampai dikampanyekan untuk membawa kantong belanjaan sendiri dari rumah. Hal ini sangat relevan, karena faktanya Indonesia termasuk salah satu negara penyumbang sampah terbesar di dunia, bahkan menjadi negara ke 2 di dunia yang mencemari lautan dengan sampah plastik.

Memang kenyataan yang ada tidak bisa dipungkiri kehidupan kita sangat tergantung dari produk hasil olahan plastik ini, mulai dari perabot rumah, perlengkapan dapur dan kamar mandi sampai-sampai hampir seluruh sudut lingkungan kita pasti ada plastik. Penggunaan plastik memang tidaklah salah karena kebutuhan kita akan produk dari plastik yang murah dan serba guna sangat membantu kehidupan kita, namun yang menjadi masalah pengelolaan akan limbah plastik ini yang masih sangat minim sehingga menimbulkan masalah baru bagi kehidupan manusia, faktanya produk olahan dari plastik sulit terurai oleh alam, butuh puluhan bahkan ratusan tahun untuk bisa mengurainya secara alami.

Berbagai fakta berikut mungkin akan membuka cakrawala kesadaran kita betapa pentingnya berhemat energy termasuk penggunaan plastic demi kelangsungan hidup generasi dan bumi kita tercinta.

Fakta Sampah Plastik 1: Tahukah anda??, untuk membuat botol-botol plastic yang kita pakai setiap hari diperlukan kurang lebih 175 juta Barel minyak bumi untuk memproduksinya botol plastik dalam setahun. Nyatanya biaya produksi tersebut setara untuk konsumsi 1 juta mobil.

Fakta Sampah Plastik 2: Dan tahukah anda menurut penelitian diperlukan waktu 1 milenium atau 1000 tahun untuk mengurai sampah plastik di tanah, so pastinya dengan tahu fakta tersebut perlu berfikir ulang untuk membuang sampah plastik sembarangan di tanah.

Fakta Sampah Plastik 3: Fakta selanjutnya yang perlu diketahui kalau Indonesia memproduksi kurang lebih 300 juta ton yang berpotensi mencemari lingkungan. Dan fakta lainnya bahwa plastik mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan bahkan kematian jika termakan oleh manusia maupun hewan.

Fakta Sampah Plastik 4: Biasanya kita untuk memusnahkan sampah plastic dengan cara dibakar, namun tahukah bahwa pembakaran yang tidak sempurna dari plastic dan menghasilkan zat kimia berbahaya yang disebut dioksin yang memicu kanker dan gangguan syaraf. Selain itu di udara zat plastic yang dibakar juga menghasilkan zat karsinogen diudara dan sangat berbahaya ketika terhirup.

Fakta Sampah Plastik 5: Kantong plastic yang biasa kita gunakan saat berbelanja menyebabkan polusi 544 gram  di udara, dan menjadi salah satu factor penyebab banjir karena dibuang sembarangan.

Belajar dari kenyataan yang ada sebenarnya menuntut kita untuk lebih bijak untuk memperlakukan alam ini. Mungkin tidak salah juga kalau alam ini rusak juga karena ulah tangan kita, karenanya sudah saatnya kita peduli dengan alam kita dengan melakukan hal-hal kecil setiap hari yang berkontribusi baik untuk bumi dan dan generasi kita. Salah satu caranya mengurangi penggunaan kantong plasktik untuk berbelanja, diganti dengan kantong dari bahan baku yang lebih ramah lingkungan atau bisa dari barang daur ulang. [netizenia]
Baca:  Percantik Kota, Tugu Tani Puri Direnovasi
Sedang memuat...