Arti Secangkir Kopi

0
1147
sumber: www.thebinde.com
Seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk itulah yang sering kita sebut kopi. proses untuk menyeduh secangkir kopi melewati  prosedur yang tidak sedikit, dari penanaman sampai disajikan ke cangkir kopi yang siap diseduh hangat-hangat.
Secangkir kopi bukan sembarang minuman, karena dalam secangkir kopi banyak mengandung arti kehidupan.  Aroma yang keluar dari dalam kopi selalu memberikan warna tersendiri dalam kehidupan, karena pahit paling nikmat adalah pahitnya kopi.
Berbagai macam perpaduan kopi selalu memberi kenikmatan bagi penikmatnya, dari kopi yang dipadu dengan kentalnya susu sampai kopi yang dipadu dengan jahe selalu ada makna tersendiri. Manisnya susu dipadu pahitnya kopi memberikan rasa gurih didalamnya dan membuat kita lupa akan beban yang kita pikul sehari-hari.
Olahan kopi yang tersaji secara tradisional hingga menggunakan alat modern dapat kita jumpai dimana-mana, melihat kopi tentunya seperti jamur dimusim hujan, selalu ada di tiap-tiap sudut kota bahkan desa. Kopi menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat tertentu khususnya masyarakat penikmat olahan kopi.
Bagi orang yang sedang galau tentunya bisa belajar dari kopi, pahitnya kopi tak selamanya negatife karena ketidaksempurnaan akan menyempurnakan hidup kita. Alam ini ciptaan sang Maha Kuasa begitu sempurnanya dan dipadu dengan kopi ciptaan manusia yang jauh dari kata sempurna memberikan perpaduan yang pas untuk hidup kita.
Tuhan selalu menyediakan alam untuk kita nikmati dan tentunya bukan dengan kerakusan. Secangkir kopi memberikan kita pelajaran yang berharga bagi kita semua untuk bersama-sama merawat alam ini dengan tanpa kerakusan, karena secangkir kopi memberi arti kesederhanaan. Bagi penikmat kopi secangkirpun sudah cukup dan tidak perlu menambah secangkir lagi ditandai dengan cara menikmatinya secara sedikit demi sedikit untuk mendapatkan sensasi didalamnya.
Teringat disebuah caffe didaerah Yogyakarta yang tertulis kecil dibelakang kasir “kopi, kenikmatan tanpa dosa” sedikit lucu melihatnya, tetapi memang benar adanya. Mendapatkan sebuah kenikmatan tentunya bukan dengan kerakusan maupun kekuasaan tapi dengan secangkir kopi saja kita dapat menemukan kenikmatan tiada tara.

Bagi kalian yang belum mencintai atau belum menyatu dengan kopi, pikirkanlah kembali untuk membecinya. Tiada salahnya kita memahami arti secangkir kopi yang sederhana namun bermakna ini dengan hati yang ihklas.
Baca:  “Menyembuhkan” Penyakit Akut Korupsi
Sedang memuat...